Pelayanan

Dalam meningkatkan kemandirian kelembagaan petani melalui kelompok tani, BPP Jogoroto memfasilitasi kerjasama antar kelompok tani dengan menghubungkan akses pelayanan jasa kelompok tani dalam lingkup BPP.

Pelasananan Jasa yang disediakan yaitu:

  1. Armada Mesin Tanam

Armada mesin tanam merupakan jasa pelayanan penanaman menggunakan mesin tanam padi (Rice Transplanter) kelompok tani binaan di BPP Jogoroto. Pelayanan meliputi penyediaan benih, persemaian bibit dan penanaman bibit. Kelebihan penanaman dengan mesin tanam yaitu dapat menekan biaya dan waktu, bibit terhindar dari hama penggerek batang karena dikukan perlakuan benih dan penanaman tidak terlalu dalam dengan bibit muda dapat menghasilkan anakan produktif yang lebih banyak.  Pemesan dapat memilih jenis layanan yang disediakan kelompok tersebut. Pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi contact person atau langsung datang di BPP Jogoroto.

2. Armada Mesin Panen

Armada mesin panen merupakan pelayanan jasa pemanenan menggunakan mesin panen (combine harveseter). Jasa pemanenan meliputi pemanenan hingga perontokan padi menjadi Gabah Kering Panen (GKP). Kelebihan pemanenan menggunakan mesin yaitu dapat menekan biaya dan waktu serta mengurangi tingkat kehilangan hasil gabah ketika menggunakan metode konvensional. Pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi contact person atau langsung datang di BPP Jogoroto.

3. Armada Pengendali Hama

Armada pengendali hama merupakan jasa yang disediakan kelompok tani berupa upaya pengendalian hama yang diawali dan diakhiri oleh kegiatan pengamatan. Kelebihan armada ini adalah menggunakan prinsip-prinsi PHT dan dapat menekan biaya pengendalian. Pengendalian juga melibatkan petani pemilik lahan sehingga adanya sinergitas yang timbul dalam mencegah serangan hama lebih jauh lagi.

4. Agen Hayati

Sebagai bentuk pengendalian OPT dengan tetap menjaga keseimbangan agroekosistem, pengendalian intensif dapat menggunakan agen hayati. Oleh karana itu pelayanan penyedia agen hayati dirasa perlu untuk hal tersebut. Agen Hayati yang disediakan sementara meliputi Coryne Bacterium, Trichoderma dan Verticilium

5. Pupuk Bokhasi

Penyediaan pupuk bokhasi digunakan dalam menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah. Dibandingkan pupuk organik lain yang diperjualbelikan, pupuk bokhasi yang disediakan BPP Jogoroto lebih ekonomis dengan tidak menyampingkan mutu dari pupuk yang disediakan. Pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi contact person atau langsung datang di BPP Jogoroto.

6. Bibit Tanaman

BPP Jogoroto meyediakan bibit tanaman hortikultura baik musiman maupun tahuanan seperti cabai, terung, strawberry, jambu kristal, sirkaya jumbi, kelengkeng, durian, mangga, alpukat, jeruk dan lain-lain. Pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi contact person atau langsung datang di BPP Jogoroto.