Pelatihan Hidroponik Saka Taruna Bumi dan Komunitas Hidroponik Kab. Jombang

P_20160728_085551Jogoroto. Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan pelatihan tanaman hidroponik di BPP Jogoroto. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 28 Juli 2016 mulai pukul 08.00-14.00. Peserta yang terdiri dari 30 anggota pramuka saka taruna bumi Jombang dan 20 peserta umum terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Komunitas Hydroponik Jombang sebagai fasilitator. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian yang diwakili Kasi Kelembagaan Bpk Nusantara dan Kabid Penyuluhan Bpk Widyono, PPL dan Petugas Pertanian Jogoroto, Komunitas HYJOM, Taruna STPP

Rendahnya minat pemuda tentang pertanian melaltar belakangi kegiatan ini dilakukan. Dengan adanya inovasi pertanian dengan menggunakan teknik Hidroponik. Teknik Hidroponik secara umum dapat diartikan sebagai cara bertanam dengan tidak menggunakan tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tumbuh. Air ini berisikan nutrisi yang diperlukan tanaman tersebut.

Dari penjelasan yang disampaikan, kelebihan tanaman hidroponik diantaranya dapat menghemat penggunaan air, tidak membutuhkan lahan yang luas, bebas pestisida kimia, tanaman lebih segar dan dapat cepat tanam dan panen. Dari kegiatan ini peserta diajari cara persiapan penanaman hingga pengolahan hasil tanaman hidroponik. Diharapkan dengan kegiatan ini akan mengembangkan trend pertanian bagi pemuda dan semakin menunjukan eksistesi Balai Penyuluhan Pertanian sebagai pusat kegiatan pertanian terpadu. (red-Taruna)

Leave a Reply