ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi “ NUGGET AYAM ”, CEMILAN FAVORIT SELAMA DI RUMAH SAJA (PSBB)

“ NUGGET AYAM ”, CEMILAN FAVORIT SELAMA DI RUMAH SAJA (PSBB)

E-mail Cetak PDF

Setiap mendengar kata Nugget, apa yang terbayang di benak kita ? Ya betul, lezatnya olahan daging ayam bercampur bumbu, tepung dan bahan-bahan lainnya yang dibalut oleh tepung panir dan disajikan dengan di goreng terlebih dulu. Nugget, merupakan cemilan favorit anak-anak, bahkan orang dewasa juga suka.

Apa itu Nugget, Nugget merupakan salah satu produk olahan makanan setengah jadi yang terbuat dari daging giling dengan campuran bumbu-bumbu. Menurut Tanoto (1994), nugget adalah suatu bentuk produk daging giling yang dibumbui, kemudian diselimuti oleh perekat tepung (batter), pelumuran tepung roti (breading), lalu dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan. Produk nugget dapat dibuat dari daging sapi, ayam, ikan. Astrinani, Kusrahayu dan Mulyani (2013) menyatakan bahwa penambahan berbagai filler (bahan pengisi) pada beef nugget pada tiap perlakuan sebesar 10% tidak berpengaruh pada warna dan tekstur serta dapat dimanfaatkan sebagai filler (bahan pengisi) pengganti tepung terigu.

Selama ini masyarakat lebih sering memanfaatkan daging ayam untuk diolah seperti biasanya dengan cara di bakar, di goreng dan di kukus masih dalam bentuk aslinya. Belum berupa olahan daging giling. Sekarang ini di tengah pandemik wabah Covid-19, yang mana segala aktivitas di luar rumah sangat dibatasi sesuai Anjuran Pemerintah untuk tetap di Rumah Saja. Di sisi lain kebutuhan untuk kecukupan pemenuhan makanan tidak bisa ditunda lagi, bagaimana bahan pangan mentah yang kita beli bisa untuk dikonsumsi selama beberapa waktu. Produk olahan nugget ayam ini bisa menjadi salah satu alternative solusi untuk produk makanan beku, ketika dibutuhkan tinggal di goreng.

Mengkonsumsi Nugget Ayam tidak hanya baik untuk pertumbuhan, namun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan karena mengandung banyak gizi seperti Protein, Karbohidrat, Natrium, Kalium, Kalori, Niacin, lemak tak jenuh, Vitamin A,C,D,B6, B12, kalsium, fosfor, magnesium, selenium dan zat besi lainnya.

Begitu banyak manfaat dari Olahan Daging Ayam (Nugget) yang bisa dikembangkan terutama di daerah potensi ternak ayam seperti di Kecamatan Tembelang.  Hal inilah yang mendasari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang untuk memberangkatkan Penyuluh Pertanian  setempat untuk mengikuti Diklat tentang Pengolahan Hasil Daging di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) di Batu selama 1 Minggu.

Hasil ilmu yang didapat dari Diklat Pengolahan Hasil Daging di BBPP Batu, akan kami praktekkan di Kelompok Wanita Tani sebagai komoditi tambahan Olahan Daging  Ayam (Nugget Ayam).

Diharapkan untuk kedepannya, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang bisa memfasilitasi kegiatan ini di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Tembelang.

Resep Nugget Ayam

Bahan:

1. Ayam Fillet : 1000 gram

2  Tepung Tapioka : 300 gram

3. Bawang Bombay : 1 Siung

4. Merica Bubuk : 2 gram

5. Telur Ayam : 2 Butir

6. Roti Tawar : 3 lembar

7. Susu segar : 250 ml

8. Gula : 10 gram

9. Garam : 25 gram

10. Penyedap rasa Ayam : 7 gram

Bahan Pelapis:

1. Tepung Panir Halus : 500 gram

2. Tepung roti : 500 gram

3. Putih Telur : sesuai kebutuhan (6 butir telur)

Cara pengolahan:

1. Pisahkan daging ayam dari Tulang, Lemak dan Kulit,

2. Potong daging ayam kecil-kecil

3. Giling dengan penggiling daging,

4. Masukkan roti tawar kedalam susu dan diaduk

5. Masukkan Gilingan daging ayam kedalam mesin pencampur (Food Processor)

6. Masukkan bawang bombay, bumbu, telur hingga tercampur rata tambahkan potongan es

7. Masukkan campuran roti tawar dan susu ke dalam adonan

8. Masukkan tepung tapioka ke dalam adonan hingga tercampur rata dan es batu agar adonan creamy

9. Oleskan mentega di dalam loyang/wadah, berikan tepung tapioka

10. Cetak adonan chicken nugget ke dalam loyang/ wadah lainnya

11. Masukkan adonan ke dalam langseng dan kukus selama 45 menit,

12. Dinginkan, Pengirisan nugget sesuai selera

13. Masukkan irisan nugget ke dalam kocokan putih telur dan gulirkan di atas campuran tepung roti dan tepung panir

14. Goreng menggunakan api sedang hingga matang

15. Kemas dengan menggunakan kemasan yang dibutuhkan. (Fitri Azmi Aini, S.T.P.)

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh