ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi BENEFICIAL MICROBE FOR COMPOST (BMC)

BENEFICIAL MICROBE FOR COMPOST (BMC)

E-mail Cetak PDF

bmcCARA PENGGUNAAN
1. Bersihkan terlebih dahulu alat semprot dan alat yang lain yang akan digunakan dengan air mengalir, agar sisa-sisa bahan kimia tidak mempengaruhi keefektifan BMC
2. Gunakan air bersih atau air sumur untuk melarutkan BMC.
3. BMC disemprotkan secara merata pada permukaan pupuk bokhasi yang sudah jadi, kemudian diaduk hingga rata agar mikroba menempati ruang yang ada(kadar air pupuk bokhasi ± 30%)
4. Apabila BMC sudah merata, permukaan bokhasi ditutup tidak terlalu rapat, spora akan hidup dan berkembang. BMC membutuhkan waktu ± 5 hari untuk dapat berkembang aktif dan siap diaplikasikan di lapang,
5. Lakukan Pembalikan pada hari ke -3 agar BMC menyebar merata. Kemudian tutup kembali atau lindungi agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
6. Apabila sudah hari ke –5 BMC sudah siap di packing, usahakan kadar air Bokhasi/Kompos diatas 15 % dan kelembaban diatas 70 % agar BMC tetap hidup serta berfungsi secara amksimal.
7. Jika Bokhasi/ Kompos dibuat granul maka penyemprotan dilakukan pada saat proses pembuatan granul selesai, setelah granul sudah kering baru BMC disemprotkan secara merata.

DOSIS
1 Liter BMC/10 Liter air.  Untuk Bokhasi / Komspos 1 Ton.

MANFAAT
1. BMC merupakan penggabungan dari Mikroba Pengikat N Nonsimbiotik atau pengikat N bebas di udara dan penghasil zat tumbuh (IAA)
2. BMC Menekan kebutuhan penggunaan pupuk kimia terutama Nitrogen.
3. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap pathogen / penyakit tular tanah atau penyakit penghuni akar.
4. Membantu pertumbuhan tanaman dan secara aktif melindungi akar.
5. Memperbaiki kapasitas tukar kation (KTK) di dalam tanah.
6. Memperbaiki sifat Fisik, Kimia dan Biologi Tanah.

LAB. TERPADU DINAS PERTANIAN KABUPATEN JOMBANG
Jl. Soekarno Hatta No 170 Jombang - Jawa Timur
Phone : (0321) 861246, (081) 259703199 Fax : (0321) 875171 E-mail: Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Leaflet bisa di download di sini

 

Add comment

Security code
Refresh