ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi

Tips dan Inovasi

TUMPANGSARI TEMBAKAU DAN WALUH DI POKTAN GONDANG

Kelompok tani Gondang berada di Dusun Gondang, Desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh , Kabupaten Jombang. Sistem pengairannya sebagian besar mengandalkan air hujan atau tadah hujan. Adapun komoditi yang biasanya dibudidayakan yaitu padi pada musim penghujan. Sedangkan pada musim kemarau menanam  tembakau dan jagung.

Namun ada fenomena unik yang kami temui di lahan persawahan Poktan Gondang pada musim tanam MK I saat ini. Yaitu adanya budidaya tumpangsari antara tanaman tembakau dan labu kuning atau yang biasa disebut waluh (jawa) oleh petani sekitar. Jika biasanya pada MK I komoditi yang dibudidayakan tunggal tembakau saja. Sekarang beberapa petani mulai mencoba sistem tumpangsari antara tembakau dan waluh. Sistem tumpangsari yang saling menguntungkan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah petani di Poktan Gondang Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh. Dan sistem budidaya tumpangsari seperti ini belum pernah saya temui di wilayah tugas yang sebelumnya.

 

DAHSYATNYA KHASIAT SI CANTIK ROSELLA

Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika, bunga ini banyak manfaatnya di bidang kesehatan dan mudah untuk dibudidayakan. Budidaya tanaman rosella tidak memerlukan tempat yang luas jika dipergunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Produk hasil olahan rosella ini beraneka ragam, selain untuk konsumsi produk herbal juga dapat dipakai untuk selai atau jeli.

   

HIDROPONIK ALTERNATIF BERKEBUN DILAHAN SEMPIT

Bertanam dengan sistem hidroponik, dalam dunia pertanian bukan merupakan hal yang baru. Namun demikian hingga kini masih banyak masyarakat yang belum tahu dengan jelas bagaimana cara melakukan dan apa keuntungannya. Hidroponik sendiri memiliki pengertian suatu budidaya menanam dengan mamakai (memanfaatkan) air tanpa memakai

   

Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Padi

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi, menjadi salah satu momok bagi sebagian petani. Tidak hanya merugikan, namun hama dan penyakit yang menyerang bisa berdampak pada gagal panen. Seperti halnya serangan hama wereng yang terjadi di kecamatan Jombang, Bandarkedungmulyo, Diwek, Gudo, Kesamben dan Perak. Serta baru-baru ini serangan hama tikus bulan januari kemarin di daerah Sumobito.

   

Cara Sederhana Menghalau Hama Pada Tanaman Kelengkeng

Siapa yang tidak tau buah kelengkeng? Buah yang memiliki rasa manis dan berbentuk bulat ini tergolong dalam famili Sapindaceae dan ordo dari Sapindales dengan nama latin Dimocarpus logan L. Meskipun berukuran kecil buah kelengkeng memiliki kandungan gizi yang tinggi, diantaranya vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, kalium, protein, fosfor, mangan, zat besi, seng, karbohidrat,