ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan DISPERTA BLITAR TILIKI LAB PERTANIAN JOMBANG

DISPERTA BLITAR TILIKI LAB PERTANIAN JOMBANG

E-mail Cetak PDF

Laboratorium Terpadu merupakan pelaksana teknis dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, dengan tugas utama melayani permintaan analisis dari para peneliti, Petani/Kelompoktani di daerah Kabupaten Jombang. Laboratorium Terpadu membantu dalam Penyusunan peta Zona Agro Ekologi (ZAE) atau lebih dikenal di lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Jombang sebagai Sistem Informasi Manajemen Zona Agro Ekologi (SIM-ZAE)

Pemetaan Status Hara, menyusun anjuran pemupukan rasional/ spesifik lokasi atas dasar status hara dalam tanah merupakan kegiatan yang terus dilakukan sejak tahun 2010 lalu. Selain itu, saat ini kegitaan Laboratorium Pertanian Terpadu ini juga mengemban amanah untuk melakukan pengawasan peredaran pupuk an-organik dan organik perlu dilakukan uji mutu pula sebelum beredar di wilayah Kab. Jombang. Semua melengkapi perangkat teknis yang menunjang kegiatan pembinaan petani di lapang. 

Berbagai permasalahan lapang juga di tumpahkan pada Lab yang memang masih relative muda, dalam arti belum banyak memiliki pengalaman. Karena tugasnya yang cenderung melebar dan harus menghadapai permasalahan lapang secara langsung, Lab Terpadu dirasa pas dengan kondisi yang dilakukan saat ini.  Ungkap Ir. Endang Susilowati selaku Direktur Lab ini.  Untuk itu, pembenahan disana sini masih terus diupayakan terutama permasalahan SDM, tambah Insinyur lulusan Universitas Brawijaya jurusan tanah itu.  Melalui kerjasama dengan BPTP, Balitkhabi, Balit tanah dan beberapa lembaga penelitian lain, Lab terpadu Diperta Jombang telah masuk dalam jaringan uji silang Laboratorium secara nasional.

Untuk itu, rasa penasaran rupanya membawa beberapa Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Blitar untuk berkunjung melihat Lab yang tergolong sederhana itu.  Mulai dari konsep, sarana, prasarana serta hasil yang telah dicapai dipaparkan disana.  Misi study banding dilakukan dalam rangka kegiatan pembanguanan sarana Laboratorium di Kabupaten Blitar.  Ungkap Pak Hari Budi H bersama rombongan.  Kami berharap di kabupaten Blitar memiliki sara penunjang dalam menyelesaikan permasalahan pertanian disana.
(Sholichatul Ma'rufah, SP - Lab Terpadu Dinas Pertanian Jombang)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh