ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan SLPHT, STUDI BANDING DAN REKREASI

SLPHT, STUDI BANDING DAN REKREASI

E-mail Cetak PDF

SLPHT (Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu) merupakan konsep pertanian yang ramah lingkungan yang menekankan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) secara terpadu.  Hal ini dilakukan dengan cara merekayasa agroekosistem sedemikian rupa untuk menekan perkembangan OPT atau mendorong faktor lain untuk menghambat perkembangan OPT.

Kelompoktani Alang-alang Caruban Desa Alang-Alang Caruban Kecamatan Jogoroto merupakan salah satu poktan yang mendapatkan program SLPHT. Kegiatan SLPHT ini dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan, dilaksanakan setiap Hari Rabu sejak Bulan Mei hingga kini.  Banyak sekali pengetahuan yang diperoleh para peserta dari kegiatan ini, diantaranya pengenalan hama dan penyakit beserta cara pengendaliannya, musuh alami serta agens hayati.

Pada Rabu yang cerah (3/7), sekitar 30 orang rombongan peserta SLPHT poktan Alang-Alang Caruban beserta Petugas POPT dan PPL Kecamatan Jogoroto mengadakan studi banding ke PT. BISI Kediri dan dilanjutkan dengan wisata ke Kabupaten Blitar tepatnya Candi Penataran dan makam Bung Karno. Bapak Sukabul Anwar selaku petugas POPT mengatakan hal ini merupakan suatu terobosan dimana kita belajar sambil jalan-jalan agar peserta SLPHT tidak bosan dengan rutinitas belajar di lingkugan sawah, selain itu kegiatan dimaksud untuk membuka cakrawala, wawasan masyarakat tani tentang usaha tani selain yang ada di desa, bagaimana jenis usaha tani dan mungkin teknologi atau hal–hal apa yang bisa di adopsi oleh kelompoktani Alang-alang Caruban.

Hal yang tak kalah penting adalah terus terjalinnya keakrapan antar anggota kelompoktani yang diharapkan bisa membawanya pada jalinan silaturahmi yang terus menerus.  Tentunya hal ini akan membawa keberlanjutan bagi pelaksanaan program dari pemerintah, ungkap Pak Anasrul Hakim selaku Koordinator PPL di kecamatan Jogoroto.  Bapak tiga anak ini juga menambahkan betapa mudahnya menjalankan kegiatan apapun jika keakrapan bisa terjalin diantara seluruh anggota kelompoktani.

Melalui kegiatan SLPHT dan dilanjutkan studi banding, diharapkan juga mampu memupuk rasa kebersamaan semangat gotong royong serta kekompakan diantara anggota kelompoktani, tambah Haris Kusuma W selaku PPL setempat. 
(Haris Kusuma W – Unit TI Kec. Jogoroto)

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh