ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan WEBSITE DISPERTA KAB. JOMBANG RAIH JUARA I NASIONAL KALI KEDUA

WEBSITE DISPERTA KAB. JOMBANG RAIH JUARA I NASIONAL KALI KEDUA

E-mail Cetak PDF

Bertepatan dengan Hari ulang tahun Korpri ke- 41 pada tanggal 29 November lalu di halaman Kementrian Pertanian Jakarta, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kab. Jombang , Ir. JUFRI, M.Si menerima plakat dan sertifikat atas diraihnya JUARA I lomba Situs Web Kementerian Pertanian Tahun 2012 Kategori SKPD Lingkup Pertanian Kabupaten/Kota se Indonesia untuk kali keduanya. Pada tahun 2011 lalu website Dinas Pertanian Kab. Jombang yang beralamat http://pertanian.jombangkab.go.id/ juga meraih juara 1 nasional. Website yang telah dikembangkan sejak 3 tahun lalu mengalami evolusi bentuk dan konsep, dari website statis menjadi dinamis dengan sejumlah fitur konten website yang lebih menitik beratkan kepada pelayanan publik. Pada kesempatan penyerahan penghargaan itu Wakil Menteri Pertanian RI Dr. Rusman Heriawan menegaskan bahwa website Disperta memiliki bobot konten yang sangat bagus, dan harapan beliau karena telah kali kedua meraih penghargaan diharapkan Disperta lebih melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Website Dinas Pertanian Kab. Jombang telah merubah stigma negatif bahwa website pemerintahan bersifat satu arah dan jarang terbarui disisi informasi atau data. Dengan melibatkan jaringan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dalam wadah UNIT TI yang tersebar di seluruh kecamatan di jombang, website melakukan perbaharuan informasi dan data. Bahkan untuk mempercepat akses informasi dari kecamatan ke kabupaten, Dinas pertanian memanfaatkan fasilitas email dalam mengirimkan berita, sedangkan untuk yang berbasis data menggunakan SMS Center Siaktiv dan Sobat Tani.

Keberhasilan website Dinas Pertanian Kab. Jombang bukan di ajang lomba, bahkan sejumlah pujian dari pihak masyarakat salah satunya Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur "Kami mengetahui pertanian di kabupaten Jombang melalui website Dinas Pertanian, yang memberikan informasi dan data yang lengkap sehingga kami memilih jombang sebagai mitra CSR kami hingga pihak CSR BI mengucurkan 500 juta dana hibah untuk mendukung program pembangunan pertanian di kabupaten jombang.

Website Dinas Pertanian kabupaten Jombang sejak awal dikembangkan mengabungkan konsep G2C (Goverment to Citizen) dan G2B (Goverment to Business), untuk mewujudkan konsep tersebut Dinas Pertanian kabupaten Jombang bekerjasama dengan UIN Malang dan konsultan web Mojopahit Communication, terwujudlah website yang memadukan beragam fitur mulai dari teknologi GIS (geografi information system), Basis Data, SMS dan multimedia yang saat ini dapat dinikmati di website.

Untuk memberikan nilai tambah website Disperta kab jombang telah dilengkapi fitur pengaduan masyarakat melalui website dan SMS Pengaduan. Fitur- fitur tersebut ditujukan memberikan layanan publik yang lebih dekat dan mudah kepada masyarakat jombang khususnya dan masyarakt luas pada umumnya. Bukan saja itu Dinas Pertanian juga telah meluncurkan secara resmi GIS Pertanian yang menjadi salah satu fitur unggulan. Fitur basis data yang tersaji selalu terbarui dengan memanfaatkan teknologi pengolahan data online. Harga pasar, data Iklim, pola tanam dan data pupuk bersubsidi menjadi data unggulan. Sedangkan basis data kemitraan dan Poktan/Gapoktan memberikan gambaran secara menyeluruh potensi pertanian di kabupaten jombang.

(Anwar Syaifuddin - Unit TI Kab. Jombang)

 

 

 

 

 

 

Comments  

 
#1 karbila 2012-12-18 12:20
website dispertan memang bisa diunggulkan dalam hal informasi pelayanan publik via teknologi informasi.
semoga pengembang website ini bisa lebih memunculkan ide2 kreatif lagi...

from
mahasiswa teknik informatika uin malang
 
 
#2 A.a Zakki 2013-01-18 22:33
Juara 1 pasti datang untuk sesuatu yang benar2 layak mendapatkan juara 1 :) . . Selamat dan semoga semakin berkembang . . .

from
mahasiswa teknik informatika uin malang
 

Add comment

Security code
Refresh