ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan FIELD TRIP. BERBURU VARIETAS UNGGUL

FIELD TRIP. BERBURU VARIETAS UNGGUL

E-mail Cetak PDF

Jogoroto, Jombang. Pagi itu jam baru menunjukkan pukul 07.30 WIB ketika sekelompok orang yang ternyata dari anggota kelompoktani dari beberapa desa di Kecamatan Jogoroto sudah nampak hadir di pendopo kecamatan.

Dengan dikomandoi oleh Bapak Camat Kecamatan Jogoroto,  Drs. Sugiyanto, M.Si. PPL, Mantri Tani/PHP dan 15 Anggota Poktan dan Gapoktan yang mewakili beberapa desa di Kecamatan Jogoroto berniat melihat langsung kabar yang menyatakan ada varietas padi baru yang konon hasilnya bisa mencapai 20 Ton/Ha. Sungguh hasil yang sangat mengembirakan bagi petani kalau memang hasilnya sesuai dengan harapan.

Jam 09.00 WIB Rombongan sudah sampai di tujuan yang berada di sawah milik Bpk. Nasir yang beralamat di Dusun Sidomulyo Desa Rejoagung Kecamatan Ploso. 

Lho padi ini kog tampilannya beda pak, daunnya lebar dan dari jauh lebih menonjol karena warnanya yang cenderung hijau kehitaman dan lebih tinggi dari padi padi yang lain.  (tanya salah seorang petani), ternyata memang ini adalah padi yang kita rencanakan untuk dikunjungi hari ini,

Dengan dipandu oleh Bpk. Sukabul Anwar selaku Mantri Tani Kecamatan Jogoroto dan Bpk. Nasir sebagai petani yang menanam padi  tersebut, diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan gayeng.

Alhasil varietas baru yang dimaksud adalah memang jenis baru yang diberi label varietas Bunda Srimadrim, yang dirilis secara resmi oleh Pusat PVT Tahun 2010. Dari hasil  pengamatan yang dilakukan petani peserta umur padi saat ini 105 hari dengan perlakuan yang hampir sama dengan varietas lainnya. Memang secara nyata terlihat varietas tersebut tampak beda mulai dari malainya yang hampir 2 (dua) kali lebih banyak dibanding dengan varietas disebelahnya. Kalau dihitung hampir mencapai 400 butir / malai.

Dengan melihat tampilan yang ada, mudah – mudahan harapan petani untuk bisa mendapat varietas yang benar – benar unggul yang mampu meningkatkan produksi dan pada akhirnya pendapatan dan kesejahteraan petani dapat meningkat.

Kita tunggu panen nanti pak..., berapa hasil yang dicapai, mudah-mudahan sesuai dengan harapan agar petani Jogoroto juga dapat mencoba. Dan bertani lebih baik... amin. Demikian ungkap Bpk. Sugiyanto sabagai penutup.

(Anasrul H - Unit TI Kec. Jogoroto)

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh