ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan SOSIALISASI REVISI KEBIJAKAN SINERGISME HIPPA/GHIPPA DAN POKTAN/GAPOKTAN DI KECAMATAN BARENG

SOSIALISASI REVISI KEBIJAKAN SINERGISME HIPPA/GHIPPA DAN POKTAN/GAPOKTAN DI KECAMATAN BARENG

E-mail Cetak PDF

Bareng.Jombang. Pada tanggal 22 Juni -28 Juni 2012 di wilayah Kecamatan Bareng dilakukan kegiatan sosialisasi revisi kebijakan sinergisme HIPPA/GHIPPA dan POKTAN/GAPOKTAN. Kegiatan ini dilakukan di  5 desa yaitu Desa Nglebak dan Ngrimbi yang tergabung dalam satu daerah Irigasi (DI) Segitik dan Desa  Bareng, Tebel dan Mundusewu tergabung dalam daerah irigasi (DI) Kedungsuruh. Peserta sosialisasi ini yaitu dari pengurus HIPPA, Anggota HIPPA, Kades, Petugas Pengairan Kecamatan, Mantri Pertanian dan Kasie Pengolahan Lahan dan Air Dinas Pertanian Kabupaten Jombang beserta Stafnya.

Kegiatan Ini merupakan salah satu bentuk dari Pelaksanaan Kegiatan Pendampingan Program WISMP 2 Tahun Anggaran 2012 yang bersumber dari dana pinjaman. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan adanya perubahan kebijakan tentang penanganan jaringan irigasi tersier dari Poktan ke HIPPA. Dalam acara ini juga dilakukan Revisi Pengurus HIPPA yang Tidak Aktif, Penyampaian AD/ART HIPPA serta Legalitas HIPPA.

HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) merupakan himpunan dari Petani atau Kelompoktani dan pengguna air lainnya yang mengelola air irigasi dan jaringan irigasi dalam blok-blok tersier. GHIPPA adalah Gabungan dari perkumpulan petani pemakai air pada daerah blok sekunder atau satu daerah irigasi. Oleh karena itu antara HIPPA/GHIPPA dan Poktan/Gapoktan saling keterkaitan dimana petani anggota Poktan sebagai pemakai air yang dikelola oleh HIPPA/GHIPPA. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan hubungan antara Poktan dan HIPPA berjalan harmonis dan dapat bekerjasama dengan baik.

(Lilis Sugiarti - Unit TI Kec. Bareng)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh