ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian GERAKAN PENGENDALIAN OGANISME PENGGANGGU TUMBUHAN (OPT) PADI DI KABUPATEN JOMBANG

GERAKAN PENGENDALIAN OGANISME PENGGANGGU TUMBUHAN (OPT) PADI DI KABUPATEN JOMBANG

E-mail Cetak PDF

Bareng, Jombang. Pada tanggal 19 Juli 2012 di Kecamatan Bareng dilakukan Gerakan Pengendalian

Organisme Penggangu Tumbuhan khususnya di Kelompoktani Bareng Desa Bareng. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan UPT Proteksi TPH Jawa Timur Ir. Widakdo Hendarudin beserta staf, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Ir. Jufri, M.Si. Ketua KTNA Jombang Bapak Sumrambah, Sekcam Bareng Bapak Nurhasan,SSTP., Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Ir.Supriyanto, M.MA, petugas POPT se Kabupaten Jombang, Koordinator & PPL kecamatan Bareng, Kades, Gapoktan dan Poktan se Kecamatan Bareng. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk mengendalikan OPT padi secara serentak di Kabupaten Jombang, dengan diawali di Poktan Bareng, Desa Bareng, Kecamatan Bareng.

Dalam sambutannya, Bapak Camat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekcam Bapak Nurhasan menyatakan bahwa semoga gerakan ini membawa hasil yang maksimal dan menjadi contoh untuk wilayah di sekitar Bareng dan nantinya pada saat panen nasil produksinya melimpah. Menurut Widakdo, dalam usaha pengendalian OPT harus dimulai dari awal dengan sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Apabila pengendalian terpaksa menggunakan bahan kimia, maka harus dipergunakan dengan benar dan hati-hati. Bapak Sekdin Pertanian Jombang menyampaikan bahwa dalam pengendalian OPT tikus petani harus kompak, melestarikan dan menggunakan musuh alami, mengatur pola tanam dan tata tanam. Pada kesempatan ini, Ketua KTNA Jombang juga menjelaskan bahwa sekarang ini KTNA telah memfasilitasi kerjasama antara Gapoktan dengan Bulog dalam rangka pengandaan pangan berupa beras atau gabah.

Dengan diawalinya kegiatan pengendalian OPT ini diharapkan dapat meminimalisir serangan OPT untuk pengamanan produksi padi dalam rangka mendukung surplus beras 10 juta ton dan juga dapat memotifasi kelompoktani lain untuk melaksanakan gerakan pengendalian OPT secara serentak.

(Lilis S - Unit TI Kec. Bareng)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh