ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian PEMBUKAAN SEKOLAH LAPANG PERBANYAKAN DURIAN BIDO

PEMBUKAAN SEKOLAH LAPANG PERBANYAKAN DURIAN BIDO

E-mail Cetak PDF

Wonosalam, Jombang. Kelompoktani Notorejo Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam melakukan kegiatan SL Perbanyakan Durian Bido, SL ini pertama kali di lakukan bagi anggota kelompoktani Notorejo, kegiatan di laksanakan pada tanggal 11 Juli 2012 bertempat di PWL  ( Padepokan Wonosalam Lestari ).

Dalam pembukaan SL Perbanyakan  Durian Bido di hadiri oleh  Bapak Drs.Suhardi, Msi selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang beserta Kabid Produksi  Bapak Ir.Moch Rony. MM, Camat Wonosalam Bapak Tony Prasetyo Wibowa, ST.Msi dan Bapak Ir. Iswandi selaku Kepala UPT Pengembangan Hortikultura Propinsi Jawa Timur.  Mengawali pertemuan SL Pembibitan Durian Bapak Drs.Suhardi, Msi sendiri yang berkenan membuka kegiatan, dalam sambutanya mengatakan upaya untuk mengembangkan Durian Bido agar di gotong oleh semua pihak, tidak hanya Dinas Pertanian atau Dinas Perkebunan. Kita tidak hanya rame-rame untuk menanam durian tapi kita harus bisa mendatangkan pengusaha dari luar Wonosalam. Selain itu harapkan ada SL untuk merekayasa genetika sehingga ada durian yang bisa buah sepanjang tahun, kalau kita mau sukses harus ada inovasi.yang di lakukan di dalam inovasi kita harus menguasai teknologi baru.

Dengan adanya SL Perbanyakan Durian Bido ini Camat Wonosalam Bapak Tony Prasetyo Wibowa, ST.Msi, Petani Wonosalam di harapkan menjadi calon pengusaha bibit Durian Bido Unggul Wonosalam. Dimana diharapkan ada peningkatan yang signifikan terhadap kehidupan ekonomi masyarakat wonosalam setelah diadakannya SL Perbanyakan Durian Bido karena Kecamatan Wonosalam sudah di plot sebagai kawasan Agropolitan sehingga kedepan kemajuan di wilayah wonosalam akan semakin pesat. Apa yang di sampaikan oleh Camat Wonosalan juga di pertegas oleh Kabit Produksi Dinas Pertanian Jombang Bapak Ir.Moch Rony. MM  untuk menjaga Brand Durian Bido Wonosalam tetap lestari agar tidak terkontaminasi durian dari luar wonosalam yang mengaku-ngaku yang pada akhirnya nanti dapat merugikan masyarakat wonosalam sendiri yaitu antara lainya dengan memperbanyak Durian Bido Wonosalam secara besar-besaran dan membentuk asosiasi petani durian dan pedagangnya.

Kepala UPT Pengembangan Hortikultura Propinsi Jawa Timur Bapak Ir. Iswandi menyampaikan bahwa produk durian lokal yang telah di lepas sudah ada sekitar 6 jenis yang ada di Jawa Timur, diharapkan dengan adanya SL Perbanyakan Durian Bido ini selanjutnya petani menyusun rencana tindak lanjutnya untuk Perbanyakan Durian Bido yang ada di Wonosalam

Pertemukan  SL Perbanyakan Durian Bido ini nantinya dilakukan selama 10 kali pertemuan.yang di pandu oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Wonosalam, petugas POPT dan UPT PSBTPH.

(Erkham Lutfi - Unit TI Kec. Wonosalam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments  

 
#1 nuns 2012-07-17 07:56
ass. menarik sekali untuk membaca artikel ini, apa bisa saya dibantu informasi bagaimana cara membuat mesia tanam untuk pembibitan buah? Terimaksih.
 
 
#2 DispertaJombang 2012-08-14 08:56
@Sdr Nuns : Bahan tanam untuk media pembibitan, jika yang hendak ditanam adalah komoditi durian maka 3/4 media berupa tanah dan 1/3 berupa bahan organik (kompos atau bokashi). Sedangkan untuk media tanam pembibitan pada umumnya. Saudara dapat memberikan bahan campuran antara tanah, sekam dan pupuk organik dengan komposisi seimbang. Terimakasih, semoga bermanfaat
 
 
#3 rimba 2012-11-01 17:12
Saya berminat membeli bibit durian Bido. Mohon info via sms ke 081239390839. Terimakasih.
 
 
#4 DispertaJombang 2012-11-05 10:56
@Sdr Rimba : terima kasih atas kunjungannya ke website kami, Untuk Pembelian atau Bertanya tentang Bibit Durian Bido silahkan menghubungi Sdr. Mahfud di Nomer : 08563350077
 

Add comment

Security code
Refresh