ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian UD TANI UNGGUL PELOPORI KEMITRAAN PADI VARIETAS CIDENUK

UD TANI UNGGUL PELOPORI KEMITRAAN PADI VARIETAS CIDENUK

E-mail Cetak PDF

Megaluh, Jombang. Kepala pemasaran dari UD TANI UNGGUL Agus bersama Diperta Jombang (Machmud. SE dan Nusantara, SP MM) serta PPL Megaluh (Didik Purnomo,SP dkk) melakukan temu lapang pada hari rabu tanggal 4 Juli 2012 mengenai kemitraan padi Varietas Cidenuk (Inpari 21) milik kelompok tani Balongsari Desa Balongsari Kecamatan Megaluh.

Padi varietas unggul Cidenuk adalah salah satu temuan padi varietas unggul dari Batan. Menurut Agus meski varietas padi yang dibuat kemitraan dikembangkan dari hasil teknologi nuklir adalah aman untuk ditanam dan dikonsumsi oleh masyarakat. “Tidak ada unsur yang membahayakan bagi manusia dalam varietas padi cidenuk. UD Tani Unggul siap bertanggungjawab kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Agus mengatakan pada tahap awal kemitraan benih cidenuk ini baru bisa menjangkau untuk 5 hektar lahan dengan pola petani peserta kemitraan mendapatkan pinjaman tanpa bunga sebesar 4900.000/ hektar tanpa bunga. Dimana uang tersebut dibelanjakan untuk benih pupuk organik (petroganik) dan juga pupuk an organik yang bekerjasama dengan Kios setempat. Sedangkan untuk pasca panennya nanti pihak dari UD Tani Unggul akan membeli padi tersebut dengan harga 10 % lebih tinggi daripada harga pasar.

Padi Cidenuk cocok untuk ditanam di lahan sawah dataran rendah sampai ketinggia 0-700 meter diatas permukaan laut. Bibit yang di buat kemitraan kelasnya FS (Fondation Seed) jadi panennya nanti akan dipasarkan dengan kelas SS (Stock Seed). Pak agus mengatakan bahwa waktu kunjungan ke Subang produktivitasnya Cidenuk mencapai 10 ton per hektar jadi ada kenaikan hasil sebesar   1.6 ton per hektar dibandingkan dengan varietas yang umum ditanam petani.

Menurutnya tektur nasi yang dihasilkan Cidenuk juga pulen yang setara dengan IR 64, sedangkan umur tanaman mencapai 115-120 hari setelah tanam. Juga ketahanan terhadap hama penyakit yakni tahan terhadap hama penyakit wereng coklat dan juga hawar daun bakteri.

Menurut Suwito selaku Poktan Balongsari varietas cidenuk tergolong tahan karena sampai umur 25 hari setelah tanam masih cukup melakukan penyemprotan dengan Bacterium Coryne Tricoderma di tambah dengan pupuk daun tanaman terlihat sangat sehat. Jadi varietas ini bisa digunakan sebagai alternative pilihan varietas Ciherang yang sudah lebih dari 12 tahun dirilis dan sangat rentan terhadap penyakit hawar daun bakteri.

Koordinator PPL Megaluh Didik purnomo, SP mengatakan bahwa petugas sangat mendukung apabila ada kelompok yang bermitra dengan pihak ketiga asalkan saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan.

(Fatchulloh - Unit IT Kec. Megaluh)

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments  

 
#1 addib Taufani 2012-07-05 20:18
Sambutan Bupati Jombang ken-duren Wonosalam

http://www.youtube.com/watch?v=e47PiSMd4io&feature=youtu.be
 
 
#2 LELA LIKE LELE 2012-10-03 16:56
Pak Agus, apakah benar ini termasuk dalam padi rekayasa genetika yang menjadikan lompatan produksi secara luar biasa? Soalnya diatas disebutkan akan ada kenaikan produksi 1,4 ton per hektar.
 
 
#3 DispertaJombang 2012-10-08 11:52
Padi ini bukan termasuk dalam rekayasa genetika tetapi merupakan hasil varietas Diah Suci yang diradiasi sinar gamma dengan dosis 0,20 kGy dari 60 Co
 

Add comment

Security code
Refresh