ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian LOMBA KINERJA KELOMPOK SARANA MENUJU KELOMPOK TANI MANDIRI

LOMBA KINERJA KELOMPOK SARANA MENUJU KELOMPOK TANI MANDIRI

E-mail Cetak PDF

Kegiatan rekstrukturisasi Poktan

Gapoktan tahun 2011 telah selesai dilakukan. Untuk mensosialisasikan kepada masyarakat petani di Jombang,Dinas Pertanian melakukan ekspose di Kecamatan Plandaan tepatnya di P4S Plandaan Madani yang diketuai oleh Solekan seorang kontak tani andalan Kecamatan Plandaan.

Dalam kegiatan ekspose waktu itu juga dilakukan pemberian penghargaan untuk lomba kelompoktani dan lomba kinerja aparatur. Melalui penilaian yang berlangsung dalam wakt cukup panjang, akhirnya ditetapkan kelompok tani terbaik adalah kelompok Kelompok tani Gandan, Desa Gajah, Kecamatan Ngoro, kelompok tani terbaik kedua adalah Poktan Bungkil, Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh. Terbaik ketiga adalah Poktan Sawahan, Desa Barongsawahan Kecamatan Bandar Kedung Mulyo.

Kepala Bidang Penyuluhan Ir. Supriyanto menjelaskan. Masing-masing kelompok memiliki keunggulan dan selisihnya memang sangat tipis. Namun tetap ada kelebihan tertentu dari masing-masing kelompok tersebut sehingga mendapatkan posisi terbaik. Seperti halnya, kelompok tani Gandan, Kecamatan Ngoro. Keberanian melakukan inovasi baik teknis sosial maupun ekonomi menjadikannya sebagai kelompok tani terbaik di Jombang tahun 2011. Sebagaimana diketahui Poktan Gandan sudah mampu memproduksi dan menggunakan pupuk organik secara mandiri, selain itu, kelompok tani ini juga telah menjalankan pola kemitraan yang bisa dicontoh kelompoktani lainnya. Kemitraan budidaya kambing, kemitraan agribisnis pepaya hawai dan kemampuan mengembangkan kegiatan pemasaran. "Inilah yang diharapkan, adanya keterpaduan antara aspek hulu dan hilir dalam kegiatan kelompok tani," kata Supriyanto. Sedangkan kinerja terbaik diraih oleh Kecamatan Diwek. Diwek berhasil mendapatkan hasil terbaik karena mendapat point paling tinggi terutama melalui kerjasama dalam menggerakkan kelompok tani binaannya. Adanya koordinasi yang baik antara pihak Kecamatan, Desa dan kelompoktani inilah menjadikan aparatur Kecamatan Diwek menempati posisi pertama. "Termasuk kontinuitas dan ketepatan laporan yang masuk kedinas melalui SMS Center SI AKTIV", lanjut Kabid Penyuluhan.

Sedangkan untuk Kecamatan Kudu yang mendapatkan posisi kedua, unsur paling menonjol adalah kemampuan melakukan fasilitas kemitraan antara kelompok tani dengan pihak ketiga. Sementara posisi ketiga diraih kecamatan mojowarno karena berjalannya koordinasi yang berjalan baik dalam melakukan kegiatan pengembalian kesuburan dan pengendalian OPT.

Dalam kesempatan ekspose yang diikuti oleh dinas-dinas terkait mulai Peternakan - Perikanan, Hutbun dan Pengairan juga diberikan beberapa bantuan. Diantaranya memberikan bantuan untuk P4S Plandaan Madani dari Sekretaris Mentan melalui dinas peternakan berupa 25 ekor kambing lokal, 20 ekor sapi, 1 unit kandang dan bantuan Hijauan ternak 10 Ha.

Termasuk bantuan dari Hj. Sadarestuwati ketua HKTI Kabupaten Jombang, yang juga anggota DPR RI komisi V berupa 21 paket handspryer untuk 21 poktan yang telah dinilai pada lomba kelompook tani tahun 2011. (Humus Edisi 20 Tahun 2011)

Untuk mendapatkan Humus Edisi 20 Tahun 2011 Silahkan Download (Humus Edisi 20 Tahun 2011)

 

 

 

Comments  

 
#1 Addib Taufani 2012-01-16 20:15
http://www.wonosalam.com/
 

Add comment

Security code
Refresh