ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan Pertanian

GIAT PENGENDALIAN HAMA TIKUS DI POKTAN COLO

Poktan Colo adalah salah satu Poktan yang berada di Desa Sumberingin Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Poktan Colo termasuk salah satu Poktan yang cukup diandalkan sebagai penunjang kebutuhan tanaman pangan dan perkebunan di Wilayah Kecamatan Kabuh. Adapun pola tanam yang dilaksanakan di Poktan Colo ini hanya 2 kali tanam selama 1 tahun. Yaitu padi-tembakau. Hal ini dikarenakan sistem pengairannya tadah hujan. Poktan Colo hanya bisa menanam padi 1 kali saja dalam 1 tahun yaitu pada MP (musim penghujan) dan tembakaupada MK I (musim kemarau I). Dan setelah tanaman tembakau selesai dipanen selanjutnya sawah dibiarkan bero.

 

POKTAN SOOCO I KEMBANGKAN JARWO

Poktan Sooco I adalah Kelompok tani yang berada di Desa Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Poktan Sooco I termasuk salah satu Poktan yang cukup diandalkan sebagai pemasok kebutuhan tanaman pangan dan perkebunan di Wilayah Kecamatan Kabuh.

   

PENYULUH JOMBANG MAKSIMALKAN PERAN BPP

Penyuluh Pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan pertanian. Sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman bahwa penyuluh adalah pahlawan pertanian Indonesia. Hal ini karena, peran penyuluh telah memajukan sektor pertanian yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan. Rumah penyuluh pertanian adalah Balai Penyuluh Pertanian (BPP). Sesuai dengan Permentan No.03/ Permentan/SM.200/2018 Balai Penyuluhan Pertanian berfungsi sebagai tempat pertemuan para penyuluh, Pelaku Utama, dan Pelaku Usaha. Balai Penyuluhan Pertanian merupakan pos simpul koordinasi (posko) pembangunan Pertanian berbasis kawasan.

   

BPP JOGOROTO : BPP MODEL MASA KINI

BPP Jogoroto merupakan salah satu BPP yang ada di Kabupaten Jombang. BPP Jogoroto terletak di dusun Dongeng, Desa Jarak Kulon Kecamatan Jogoroto yang dipimpin oleh seorang koordinator BPP Anasrul Hakim, SP. Sejak tahun 2012 di bangun dan diserahkan pengelolaannya oleh Pemerintah daerah kepada Dinas Pertanian. Bangunan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Jogoroto didirikan pada Tahun 2013 memiliki areal seluas 9.900 M2 dengan fungsi penggunaan 2.500 M2 untuk lahan bangunan dan sisanya untuk lahan percontohan.

   

JERUK NIPIS YANG SEMAKIN MENIPIS

‘Pasar jeruk, pasar jeruk’ teriak kencang dari sopir bis ketika mendekati wilayah Perak. Terdengar keren. PASAR JERUK PERAK. Begitu turun, dan melihat anda akan terkejut karena yang anda lihat bukanlah pasar jeruk seperti dalam bayangan. Jeruk yang begitu terkenal di Perak, jangan dibayangkan jeruk manis nan segar yang sedap dimakan. Jeruk di sini adalah jeruk nipis yang memiliki nama ilmiah Citrus Aurantifolia yang bercita rasa asam, berbentuk bulat atau lonjong, dan berwarna hijau dan kekuningan.