ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan Pertanian

TRADISI KELEMAN DI POKTAN GROBOKAN

Keleman adalah salah satu tradisi yang terus dilakukan untuk mempertahankan kearifan lokal. Sudah seyogyanya bagi kita sebagai generasi penerus setelah nenek moyang untuk tetap melestarikannya agar tidak punah termakan zaman. Dari nenek moyang turun ke generasi kita saat ini dan semoga tetap lestari sampai ke generasi anak cucu kita kelak.

 

GIAT GERDAL HAMA TIKUS DI POKTAN GROBOKAN

Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama tikus pada tanaman padi gadu musim tanam kemarau I di Kelompok tani Grobokan Desa Karangpakis dilakukan pada hari Rabu Tanggal 17 Juni 2020. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 orang petani dari Dusun Grobokan. Turut hadir juga untuk memberikan semangat dan dukungan kepada petani dalam gerdal ini yaitu Camat Kabuh beserta beberapa staf Kecamatan Kabuh. Tentunya tidak ketinggalan para petugas yang selalu setia mendampingi para petani yakni Tim Penyuluh Kecamatan Kabuh dan Petugas POPT.

   

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN BERBASIS SEKOLAH LAPANG

Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka  mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya salam mengakses informasi pasar, teknologi, produktivitas, efesiensi usaha tani, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup. Kegiatan penyuluhan pertanian memiliki peran untuk merubah perilaku petani sehingga tercipta kemandirian petani,perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraannya.

   

PANEN PADI DI TENGAH PANDEMI BIAR KAMI YANG PANEN UNTUK AMANKAN STOK PANGAN, KALIAN DI RUMAH SAJA.

Panen adalah rangkaian kegiatan pengambilan hasil budidaya berdasarkan umur, waktu dan cara sesuai dengan sifat dan/atau karakter produk. Istilah panen ini paling umum digunakan dalam kegiatan berbudidaya tanaman dan sebagai penanda berakhirnya kegiatan di sebuah lahan.

   

JANGAN LUPAKAN PENGEMBALIAN BAHAN ORGANIK

“Sudah berapa lama sawah bapak ibu digunakan untuk bercocok tanam?”

“Sudah berapa ton hasil panen yang dibawa pulang?”

“Sejak lahan ini digunakan untuk berusaha tani, sudah berapa ton hasil samping yang dimanfaatkan untuk dimakan hewan ternak?”

 

“Sudah berapa ton hasil samping yang dibakar atau terbuang sia-sia?”