ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas Sumbangsih Kelompok Lumbung Pangan Ngusikan Dalam Terjaganya Ketersediaan Cadangan Pangan

Sumbangsih Kelompok Lumbung Pangan Ngusikan Dalam Terjaganya Ketersediaan Cadangan Pangan

E-mail Cetak PDF

Di tenganh Pandemi Covid 19 Cangan Pangan harus terjaga, Kegiatan Pertanian tidak boleh berhenti kata Pak Mentan SYL. Roda Perputaran usaha KLP Ngusikan desa Ngusikan Kecamatan Ngusikan Kabupaten jombang harus tetap berputar untuk memenuhi hajad hidup orang banyak.

Kelompok Lumbung Pangan (KLP) yang saat ini diketuai oleh bapak Kasmuri melukiskan sejarah yang panjang. KLP yang didirikan sejak tahun 2012 ini berawal dari modal swadaya yang beranggotakan 44 orang dimana modal awalnya sejumlah 60 kg peranggota lumbung pangan. Untuk keanggotaan sekarang telah meluas tidak hanya dari dusun Ngusikan melainkan dusun tetangga yaitu tanjung dan Kambingan. Jalannya Roda kelompok lumbung tidaklah semulus apa yang kita bayangkan, Banyak sekali hambatan yang harus dipecahkan bersama. Namun dengan modal keterbukaan, jiwa kersamaan dan rasa memiliki lumbung Pangan Ngusikan Maka hambatan-hambatan yang ada dapat terpecahkan. Pendampingan Penyuluh Pertanian dengan pendekatan partisipatif dalam mendorong laju perputaran roda baik tunda jual maupun jual beli gabah maka dari tahun ke tahun telah mengalami perkembangan yang baik sesuai harapan. Dimana sampai saat ini KLP Ngusikan telah memiliki modal KLP sejumlah 8, 5 ton untuk  sumbangsih cadangan Pangan.

Adapun Kendala yang dihadapi KLP Ngusikan adalah tidak tersedianya alat transportasi asset KLP Ngusikan dalam menjalankan roda perputaran usaha tunda jual maupun jual beli gabah. Selain itu timbangan yang dimiliki masih menggunakan timbangan konvensional yang mana masih kurang tingkat keakuratannya. Timbangan digital sangatlah dibutuhkan oleh KLP Ngusikan.

Atas Pendampingan dan motivasi Penyuluh Pertanian dan kekompakan anggota maka Pada Tahun 2019 yang lalu KLP Ngusikan telah meraih prestasi yaitu juara 3 lomba KLP se Kabupaten Jombang. Dan telah dilakukan widya wisata ke kebun kelengkeng Pak to  Klaten untuk menambah ilmu dan semangat para anggota KLP.

Harapan di tahun yang akan datang semoga harapan dari KLP Ngusikan yang didampingi oleh Penyuluh Pertanian setempat untuk memiliki Produk unggulan KLP berubah produk beras yang dikemas yang memiliki merk dfagang KLP Ngusikan dapat terwujud sesuai harapan. Produk kemasan beras KLP Ngusikan dapat menjadikan produk andalan KLP yang dapat meningkatkan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan nilai tawar produk KLP yang menambah profit usaha KLP Ngusikan. Semoga dengan pendampingan Penyuluh Pertanian ibu Zuhrotul Lailis Sa’adah menjadikan KLP yang maju mandiri Modern ditengah pandemic Covid 19. Amin.

Penyusun : Zuhrotul Lailis Sa’adah, S.Pt

 

Add comment

Security code
Refresh