ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas REGENERASI PETANI MELALUI SAKA TARUNA BUMI

REGENERASI PETANI MELALUI SAKA TARUNA BUMI

E-mail Cetak PDF

Isu terkait regenerasi petani memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Di Indonesia jumlah petani usia produktif terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, kaum millenial memiliki minat yang rendah untuk terjun di sektor pertanian. Mereka beranggapan kalau pertanian itu kotor, panas dan menjijikan.

Bahkan, banyak dari lulusan fakultas pertanian menghindari jadi petani dan memilih main aman sebagai karyawan kantoran. Kondisi ini menjadi perhatian baik pemerintah pusat hingga pemerintah daerah sejak lama. Dalam upaya menumbuhkan regenerasi petani, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melalui BPP-BPP yang tersebar di seluruh Kecamatan mulai mengaktifkan Saka Tarunabumi.

 

“Sampai saat ini sudah ada 4 Saka Tarunabumi yang berjalan di Kabupaten Jombang, di bawah bimbingan BPP Perak, BPP Jogoroto, BPP Diwek dan BPP Sumobito. Selanjutnya, semua BPP di Kabupaten Jombang harus memiliki Saka Tarunabumi tujuannya untuk memperkenalkan mereka tentang pertanian, bahwa pertanian itu asyik dan seru tidak seperti yang mereka bayangkan selama ini’’, jelas Rudi Koor. Penyuluhan Kab. Jombang.

Saka tarunabumi sendiri merupakan wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian. Terdapat 5 (lima) krida dalam Saka Tarunabumi, yaitu Krida Pertanian dan Tanaman Pangan, Krida Pertanian Tanaman Perkebunan, Krida Perikanan, Krida Peternakan, Krida Pertanian Tanaman Holtikultura.

Dengan adanya Saka tarunabumi, ini merupakan langkah awal untuk merangkul kaum millenial agar tertarik terjun di bidang pertanian. Mereka mampu berperan aktif sebagai penggerak ekonomi keluarga maupun penggerak sosial pedesaan melalui peningkatan produktivitas dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan di sektor pertanian. Melalui pembinaan yang dilakukan secara berkelanjutan, diharapkan pembangunan pertanian yang akan datang dapat mencipatkan kader-kader pertanian yang bermotivasi tinggi, penuh pengabdian dan berdedikasi tinggi.

Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota Saka Tarunabumi di Kabupetan Jombang, diantaranya outbound, grafting, pembuatan POC (Pupuk Organik Cair), pembuatan baglog untuk budidaya jamur, pembibitan, pemijahan ikan, pembuatan pakan ternak dan lain sebagainya. Dalam kegiatan seperti ini, mereka dapat bertukar ide kreatif seputar dunia pertanian dan mengembangkan apa yang telah meraka dapatkan. Ide tersebut dapat dikembangkan dan dapat dijadikan usaha agribisnis sehingga mampu meningkatkan kehidupan di masa datang.

(Bangga menjadi petani). *ADAF

 

Add comment

Security code
Refresh