ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas

Binaan Dinas

SEDAPNYA USAHATANI KEMANGI

Kita semua tak asing lagi dengan tanaman kemangi. Yaitu tanaman yang daunnya biasa dimakan mentah sebagai lalapan. Kemangi  memiliki aroma daun yang khas, kuat tetapi lembut tidak menyengat. Selain biasa dimakan sebagai pelengkap lalapan, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai salah satu pelengkap bumbu pepes. Sebagai lalapan, biasanya kemangi disajikan dengan aneka sayur lalapan lainnya antara lain mentimun, kubis, dan selada.

 

GELIAT USAHA, KELOMPOK WANITA TANI GAPOKTAN GALENGDOWO

Akhir tahun 2018 lalu, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Galengdowo, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, turut berpartisipasi dalam mendukung pencapaian Anugrah Pangan Nusantara (APN) Kategori Pembina untuk Kepala Desa Galengdowo sebagai Juara 1 di Tingkat Propinsi Jawa Timur.

   

TEMBAKAU AREAL MINIMAL KONTRIBUSI MAKSIMAL

Kabupaten Jombang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil gabah-beras. Padi menjadi komoditas dominan yang ditanam di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Luas tanam padi setahun mencapai 75.000 ha.  Selain padi, di Jombang juga berkembang tanaman tembakau. Tapi bukan merupakan komoditas dominan. Hanya ada di enam kecamatan. Di Utara Brantas antara

   

COMBINE HARVESTER ATASI KESULITAN TENAGA KERJA PANEN

Pertanian adalah potensi utama Desa  Bangsri, Kecamatan Plandaan.  Delapan puluh persen lahan desa merupakan persawahan. Karena itu sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Guna mewujudkan sektor pertanian yang baik, perlu di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu upaya untuk mendukung kegiatan pertanian di Desa Bangsri yaitu dengan pemakaian mesin panen (Combine Harvester).

   

AGROWISATA BELIMBING MOJOWARNO

Untuk bisa duduk santai di tengah hamparan pohon belimbing sambil mencicipi segar dan manisnnya buah belimbing seperti foto di atas, kita tidak harus jauh-jauh pergi keluar jombang. Hanya berjarak 18 Km dari pusat kota Jombang, kita sudah bisa memetik dan menikmati segarnya buah belimbing langsung dari pohonnya. Tepatnya di Kecamatan Mojowarno, terdapat kebun belimbing seluas 4 ha, yang terletak di Desa Latsari sekitar 0,5 ha dan Desa Catakgayam seluas 3,5 ha.