ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas

Binaan Dinas

Penyuluh Ujung Tombak Pembangunan Pertanian

Secara harfiah penyuluh berasal dari kata “suluh” yang memiliki arti seberkas cahaya yang menjadi harapan baru ditengah kegelapan. Penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian, memiliki peranan yang sangat stategis. Mereka dituntut mampu sebagai inisiator, fasilitator, motivator, penghubung, dan innovator dalam mendampingi dan membantu para pelaku utama (petani) maupun pelaku usaha sehingga dapat meningkatkan produksi dan taraf hidup mereka.

 

REGENERASI PETANI MELALUI SAKA TARUNA BUMI

Isu terkait regenerasi petani memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Di Indonesia jumlah petani usia produktif terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, kaum millenial memiliki minat yang rendah untuk terjun di sektor pertanian. Mereka beranggapan kalau pertanian itu kotor, panas dan menjijikan. Bahkan, banyak dari lulusan fakultas pertanian menghindari jadi petani dan

   

TRANSPLANTER, JAWABAN ATAS PERMASALAHAN BURUH TANAM

Ketersediaan tenaga tanam semakin terbatas dari tahun ke tahun membuat pemerintah melalui Badan Litbang Pertanian menciptakan inovasi untuk mendukung aktivitas penanaman padi yang cepat dan efisien. Rice transplanter Jajar legowo merupakan mesin  penanaman padi, keberadaan mesin padi ini menjadi solusi ketika tenaga kerja tanam sulit untuk diperoleh.

   

PETANI BURU “DEN BAGUS”

“Den bagus” si pengerat alias tikus (Rattus argentiventer) merupakan salah satu jenis hama yang mengakibatkan kerugian yang besar bagi petani. Serangan hama tikus yang semakin luas, membuat petani di Kabupaten Jombang melakukan kegiatan berburu tikus  atau lebih dikenal dengan sebutan gropyokan sebelum masa tanam. Sebagaimana yang terjadi di areal persawahan milik Poktan Pojokrejo Dsn. Ngembul  Ds. Kesamben Kecamatan

   

SEDAPNYA USAHATANI KEMANGI

Kita semua tak asing lagi dengan tanaman kemangi. Yaitu tanaman yang daunnya biasa dimakan mentah sebagai lalapan. Kemangi  memiliki aroma daun yang khas, kuat tetapi lembut tidak menyengat. Selain biasa dimakan sebagai pelengkap lalapan, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai salah satu pelengkap bumbu pepes. Sebagai lalapan, biasanya kemangi disajikan dengan aneka sayur lalapan lainnya antara lain mentimun, kubis, dan selada.