ANDA BERADA DI: Depan Berita Info Kecamatan Menengok Petani Cabai Sumobito Menghadapi Pancaroba

Menengok Petani Cabai Sumobito Menghadapi Pancaroba

E-mail Cetak PDF

Desa Kendalsari Kecamatan Sumobito merupakan salah satu sentra budidaya cabai di Kabupaten Jombang. Pada musim tanam MT III ini tidak kurang dari 30 Ha sawah di Kelompoktani Kendalsari Desa Kendalsari membudidayakan cabai. Menghadapi musim pancaroba dan penghujan ini petani mulai merasa resah. Kita tahu bahwa musim hujan adalah momok paling menakutkan bagi petani cabai. Belum lagi bila ada serangan virus pada musim ini bisa mengancam penurunan produksi. Betapa menggiurkan harga cabai yang tinggi yang sering terjadi belakangan ini. Fluktuasi harga berkorelasi erat dengan pasokan produksi. Kenaikan harga cabai merupakan akumulasi berbagai faktor yang terjadi selama proses produksi cabai.
Menurut Masbuchin ketua kelompoktani Kendalsari, pada tahun sebelumnya hampir 45 Ha lahan di kelompoktani Kendalsari yang ditanami cabai. Berkurangnya luasan tanaman cabai ini salah satunya adalah adanya alih fungsi lahan menjadi akses jalan tol Jombang – Surabaya yang baru diresmikan bulan ini. Selain itu juga karena saluran pembuangan air dan drainase yang belum tertata. Masbuchin juga berharap adanya bantuan dan pembinaan dinas terkait terutama dalam memecahkan masalah saluran pembuangan. Hal ini sangat penting bagi petani cabai di kelompoktani Kendalsari untuk mengurangi dampak banjir pada musim penghujan.

Dikatakan pula oleh Mulyadi Kepala Desa Kendalsari yang juga menggeluti budidaya cabai, bahwa sampai saat ini OPT terutama virus kuning (virus Gemini) masih dalam kondisi aman. Hanya saja hujan yang sudah mulai mengguyur Jombang beberapa hari ini yang perlu diwaspadai. Kiat beliau dalam menghindari genangan air yaitu dengan membuat guludan yang lebih tinggi dan lebar selokan minimal 60 cm. Beliau menambahkan bahwa pada musim ini menanam varietas Bhaskara yang disemaikan dalam plastik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko patah akar pada waktu penanaman bila dibandingkan dengan benih cabut. Musim hujan merupakan periode kritis bagi tanaman cabai, sehingga perlu dilakukan pengelolaan yang terpadu. Aroel Unit TI Kec. Sumobito.


 

 

 

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh