ANDA BERADA DI: Depan Berita Kelompok Budaya Kerja HARI KRIDA PERTANIAN KE-39 DI SURABAYA DINAS PERTANIAN JOMBANG RAIH JUARA

HARI KRIDA PERTANIAN KE-39 DI SURABAYA DINAS PERTANIAN JOMBANG RAIH JUARA

E-mail Cetak PDF

juaraDalam rangka pelaksanaan peringatan Hari Krida Pertanian yang ke 39, pada tanggal 30 Juli 2011 yang lalu Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pameran Produk Unggulan Daerah dan beberapa lomba yang diikuti oleh Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten se Provinsi Jawa Timur.


Pada stan gelar produk unggulan, Disperta Jombang menampilkan produk unggulan durian Bido Wonosalam, Salak Galengdowo, Salak Pulogedang Tembelang serta berbagai produk hortikultura dan hasil olahan produk pertanian. Durian ditampilkan dalam bentuk display sedangkan untuk salak Galengdowo dan Salak Pulogedang dijual untuk umum dengan harga Rp. 8.000,-/kg. Hasil olahan produk pertanian Disperta Jombang bekerjasama dengan UKM, produk yang dijual antara lain madu Wonosalam, Cekeremes, Jepit ketan hitam, kripik mbothe, kripik pisang.

Dalam kegiatan tersebut, selain berpartisipasi dalam stan, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang juga ikut serta dalam lomba Hasil Olahan Produksi Pertanian dan Lomba Agribisnis Jagung. Pada lomba Hasil Olahan Produksi Pertanian, Disperta Jombang berhasil meraih juara pertama. Pada lomba ini Disperta Jombang menampilkan produk olahan dari gembili dan labu kuning. Dari bahan gembili diolah menjadi nugget gembili sedangkan labu kuning diolah menjadi siomay. Hasil ini sangat membanggakan dan menggembirakan, tim yang sempat merasa pesimis karena tampilan meja sangat minimalis dibandingkan dengan tim-tim lain. Meskipun dari sisi rasa, kemasan dan teknologi yang digunakan sangat menyakinkan.

Dalam lomba agribisnis Jagung, Disperta Jombang yang diwakili oleh Gapoktan Sukoiber Kecamatan Gudo sebanarnya secara administrasi lebih baik nilainya namun kalah dalam hal luasan tanam jagung.
(Yulie/Posko)

 

 

Add comment

Security code
Refresh