ANDA BERADA DI: Depan Berita Kelompok Budaya Kerja SI AKTIV

SI AKTIV

E-mail Cetak PDF

smsSejak diluncurkan pada tanggal 9 Juni 2011 lalu, SI AKTIV berhasil menunjukkan kapasitasnya sebagai sarana dalam membantu petugas Pertanian di Kabupaten Jombang dalam pelaksanaan tugasnya. Sistem informasi ini merupakan sistem pelaporan data berbasis teknologi SMS (Short Massage Service) gateway, dimana petugas dapat melaporkan segala kegiatan di lapangan (khususnya tentang perkembangan tanam, panen dan kondisi serangan OPT) hanya dengan SMS saja dengan pengkodean sederhana tertentu.

Dalam sambutannya, Drs. Suhardi, Msi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang menyatakan bahwa tuntutan masyarakat akan pelayanan (publik) dinas semakin tinggi, dan ini tidak mungkin terealisasikan tanpa dukungan sarana teknologi Informasi (TI). Dengan SI AKTIV arus informasi, khususnya dari lapangan ke kabupaten akan dapat berjalan lebih cepat dan akurat, informasi tentang luas tanam, panen dan serangan OPT akan dapat segera menjadi bahan analisa bagi pengambilan keputusan secara cepat dan akurat pula.

SI AKTIV, yang merupakan singkatan kalimat dari Sistem Informasi Adanya Kepastian Terpecahkannya Impact point yang Visioner ini setidaknya menawarkan 3 (tiga) dukungan bagi pelaksanaan tugas aparatur pertanian, yakni kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam penyimpanan dan pengiriman data laporan.

SMS yang dikirim akan ditangkap “SMS modem” yang ada di Ruang Posko Disperta dan kemudian akan dikelompokkan/diolah secara otomatis oleh SI AKTIV. Selanjutnya petugas Posko akan menganalisa data yang ada menjadi bentuk laporan sederhana sebagai bahan diskusi pimpinan untuk pengambilan keputusan.

Hasil Analisa pelaksanaan SI AKTIV pada Bulan Juni 2011 menunjukkan bahwa antusias petugas cukup tinggi. Pada bulan ini tercatat 1.393 laporan masuk atau berarti rata-rata 46 SMS setiap hari (termasuk hari libur). Beberapa informasi penting pada yang didapatkan antara lain:

1.    Data Luas Tanam bulan Juni adalah 3.601 hektar, 2.119 hektar diantaranya adalah tanaman padi
2.    Data Luas panen bulan Juni adalah 2.990 hektar, 2.477 hektar adalah tanaman padi
3.    Data berbagai kondisi serangan OPT, yang terpenting adalah kondisi OPT wereng batang coklat (WBC) yang dilaporkan menyerang 447 hektar tanaman padi, lengkap dengan informasi intensitas serangannya.

Laporan (khususnya kondisi serangan OPT) yang dirasa cukup mengkhawatirkan segera direspon, mulai dari kunjungan lapang, pengorganisasian dan tindakan pengendalian dilaksanakan secara cepat dan tepat. Jika diperlukan, termasuk diantaranya adalah penyaluran bantuan pestisida dan peralatan.

Ke depan, diharapkan SI AKTIF akan dapat menjadi unsur perekat atau jembatan bagi terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang lebih baik diantara petugas pertanian di kabupaten, Mantri Tani, Penyuluh Pertanian, POPT dan segenap stake holder sehingga pembangunan pertanian dapat berjalan lebih cepat dan baik. 200 SDM petugas pertanian di kabupaten Jombang bukanlah jumlah bias tetapi jumlah yang memiliki kapasitas dan kewenangan, suatu jumlah yang jika bersinergi pasti mampu membuat perubahan, ke arah Indonesia yang lebih baik.

(JL/Posko)

 

Comments  

 
#1 luqman 2012-09-19 19:35
saya tertarik sekali untuk lebih tahu tentang program si aktiv ini, kebetulan mata kuliah saya berhubungan dengan inovasi pemda, kira2 dimana saya dapat memperoleh keterangan yang lebih rinci tentang program si aktiv ini?

tolong dibalas via email
terima kasih
 
 
#2 DispertaJombang 2012-09-20 08:20
Selamat Pagi

SMS SI AKTIV merupakan inovasi yg dikerjakan oleh Team Unit TI Dinas Pertanian Kab. JOmbang. untuk memperoleh keterangan dan prosedur dari Unit TI secara lengkap silahkan berkunjung ke Dinas Pertanian Kab. Jombang terutama di Unit TI.
Kalau boleh kami tahu anda sedang menempuh kuliah dimana dan mengambil jurusan apa?

Terima kasih Mas luqman atas kunjungannya di website kami
Kami tunggu kedatangan anda di kantor kami.
Terima kasih.
 

Add comment

Security code
Refresh