ANDA BERADA DI: Depan Berita Dunia Usaha ASOSIASI HORTIKULTURA NGORO, MAKIN MANTAP SEBAGAI KAWASAN HORTI

ASOSIASI HORTIKULTURA NGORO, MAKIN MANTAP SEBAGAI KAWASAN HORTI

E-mail Cetak PDF

Ngoro, Jombang. Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro terletak di wilayah selatan Kabupaten Jombang. Sejak dulu, desa ini terkenal sebagai penghasil tanaman hortikultura terbesar dan menjadi salah satu pemasok utama di Kabupaten Jombang. Masyarakat Desa setempat lebih memilih bertani tanaman hortikultura ketimbang tanaman pangan. Disamping secara ekonomis lebih menjanjikan, budidaya hortikultura tidak memerlukan areal yang luas seperti produk pangan. Selain itu, periode tanam sampai panen juga lebih pendek.
Saking banyaknya masyarakat Genukwatu yang terjun di bidang tanaman hortikultura, akhirnya pada tahun 2010, Joko Setiyanto bersama Poktan (kelompok tani) setempat, membentuk asosiasi holtikultura sebagai wadah sinergis para petani di desa Genukwatu. Dari asosisasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani sayur-mayur dan meningkatkan nilai tawar terutama dalam membangun jaringan pemasaran produk hortikultura.
Komoditas yang saat ini ditanam pada lahan seluas 50 hektar oleh 15 anggota Asosiasi Hortikultura, diantaranya bunga kol, mentimun, tomat, kacang panjang, cabe, kubis, terong, sawi, dan jagung manis. Hasilnya, saat ini Assosiasi Hortikultura memiliki kapasitas produksi menjadi 150 ton setiap panen.
Disamping itu, pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia kepada seluruh anggota asosiasi menjadi ihwal utama keberadaan asosiasi hortikultura. Yakni, dengan mewujudkan pertemuan berkala yang dihadiri oleh semua anggota dan pengurus serta Penyuluh Pertanian. Dari kegiatan ini, akan diketahui potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh anggota terkait produksi dan pengembangan agribisnis hortikultura.
Selanjutnya, dengan melaksanakan pencegahan dan pengendalian organisme pengganggu tanaman pada tanaman pangan dan hortikultura, melaksanakan pembinaan teknis pertanian tanaman pangan dan hortikultura dalam rangka usaha meningkatkan kemajuan, keterampilan dan pendapatan anggota serta poktan, melakukan pengenalan dan pengikhtiaran teknologi, alat-alat pertanian tanaman hortikultura berikut pendayagunaannya, melaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan lahan dan air, serta melakukan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan anggota dan poktan.
Selain pembudidaya tanaman horti, di Ngoro juga berkembang kegiatan pembibitan hortikultura. Tidak hanya memenuhi kebutuhan petani setempat. Bibit hasil petani ngoro juga memasok daerah di sekitar Jombang. Untuk sentra pemasaran, terdapat di Dusun Bangle Desa Genukwatu, Dusun Bakalan – Desa Pulorejo, Dusun Sumberrejo – Desa Jombok. Tiga tempat inilah yang menjadi sentra pemasaran dan distribusi produk horti dari Ngoro. Dari titik inilah, produk horti kecamatan Ngoro memasok kebutuhan sayur di berbagai daerah seperti Surabaya, Pare dan Mojokerto.

Nama Lembaga    :    ASOSIASI HORTIKULTURA
Alamat    :    Ds. Genuk Watu Kec. Ngoro
Usaha Budidaya    :    Bunga Kol, Mentimun, Tomat
Kapasitas Produksi    :    150 Ton
Jumlah Anggota    :    15 orang
Jumlah lahan    :    50 H

Joko Setiyanto, 36 Tahun, dibentuk Tahun 2010, dengan motivasi untuk meningkatkan, hasil pertanian sayur mayur dengan mengangkat nilai jual hasil pertanian.
Bunga kol, mentimun, tomat, cabe, kacang panjang, kubis, terong, sawi, jagung manis

(Humus Edisi 25 Tahun 2012)

 

 

 

Comments  

 
#1 pulsa online 2012-09-29 00:29
bagus sekali, semoga kedepannya semakin maju pertaniannya
 
 
#2 Puspo Kencono 2013-04-02 08:20
bagaimana cara mendapatkan bibit bunga kol dan cabai? ada nomor telepon yang bisa dihubungi kah pak?
 
 
#3 Disperta Jombang 2013-04-02 09:33
Untuk mendapatkan Bibit Bunga Kol dan Cabai Silahkan Menghubungi Bapak Sutomo di No. 0321-7184140 dan beralamat di Desa Genukwatu Kec. Ngoro Kab. Jombang. Terima Kasih
 

Add comment

Security code
Refresh