ANDA BERADA DI: Depan Berita Asosiasi Petani

Asosiasi Petani

KIPRAH GENERASI MUDA TANI JOMBANG

Pertanian merupakan sektor yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.  Menurut data Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang tahun 2017 bahwa dari  630.238 orang yang bekerja 24 % pekerja ada disektor pertanian, perikanan dan kehutanan. Sebanyak 385.537 orang merupakan tenaga kerja kelompok umur 15 – 34 tahun.  Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian masih menjadi pokok kegiatan masyarakat. Sementara itu potensi tenaga kerja usia muda memiliki kedudukan yang strategis sebagai pengungkit keberhasilan pembangunan pertanian.

 

JELANG BULAN HAJI, GAPOKTAN PLANDAAN DATANGKAN MORINO AUSTRALIA

Gapoktan Plandaan. Nama Gapoktan yang telah menjelma menjadi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) ini, tak asing ditelinga para pelaku agribisnis di wilayah Kab. Jombang. Bagaimana tidak, berbagai terobosan selalu diupayakan, baik melalui pembinaan instansi terkait sampai kerjasama dengan pihak swasta. Semua dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup anggota dan masyarakat sekitarnya.

 

PETANI PETERNAK SE JATIM BELAJAR BUDIDAYA LELE DI TENGARAN

Pekan Daerah (PEDA) KTNA Provinsi Jatim yang dilaksanakan di Jombang pada tanggal 22 sampai 26 April 2013 telah berjalan dengan baik dan lancar.  Antusiasme 118 Peserta dari Kabupaten/ Kota se Jawa Timur mampu membuat para panitia PEDA terlihat sibuk dengan berbagai aktifitas.  Mulai dari penyiapan sarana prasarana kegiatan, pelaksanaan acara demi acara, hingga evaluasi setiap tahapan pekerjaan.  Tetapi tak tampak disana mimik wajah suram yang meliputi segenap panitia juga peserta.  Alhamdulilah semua berjalan dengan baik. Meski masih adanya kekurangan sana sini, tapi rata-rata peserta menyatakan kepuasannya bisa belajar bersama, saling tukar informasi dan teknologi di kolam saya, ungkap Pak Amrozi selaku tuan rumah sekaligus ketua KTNA di Kecamatan Peterongan.

   

TEMU KARYA KEMITRAAN TEMBAKAU DI BALAI DESA BENDUNGAN KECAMATAN KUDU

Dalam rangkaian kegiatan Pekan Daerah 2013 yang diselenggarakan oleh  KTNA Kabupaten Jombang selaku tuan rumah. Kegiatan di Poktan Bendungan hari kedua mulai dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 24 April 2013 bertempat di Balai Desa Bendungan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Beberapa tokoh masyarakat yang hadir antara lain, Bapak Camat Kudu selaku ketua pelaksana Klaster Kemitraan Tembakau, dari BALITAS Malang, Kabid Pekebunan dinas Perkebunan dan Kehutanan, Kepala Desa Bendungan, dan dari PT SADANA selaku mitra tani. Acara dimulai dengan pidato pembukaan oleh bapak Camat Kudu Bapak Anwar MKP, dilanjutkan oleh Sambutan dari Bapak Totok Kabid Perkebunan Dinas Hutbun. Kemudian dilanjutkan pada materi pertama yaitu penjelasan Materi Teknologi Budidaya tembakau yang dibawakan oleh Bapak Jayadi (BALITAS Malang).

 

KEGIATAN MAGANG DI KLUSTER KAMBING P4S “NATURAID” HARI KE II

Hari kedua peserta di berikan praktek pembuatan pakan, disini peserta diminta untuk melakukan praktek  (meraduk sendiri ) dari bahan yang telah disediakan oleh pemilik kluster. Hal ini dimaksudkan agar peserta benar-benar bisa menerapkan ilmu yang didapat di daerah asalnya nanti.