ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi

Tips dan Inovasi

BUDIDAYA BUAH TIN DALAM POT

Indonesia adalah negara yang memiliki lahan subur, kekayaan hayati yang melimpah dan iklim yang mendukung berkembangnya sektor pertanian.  Berbagai tanaman dari luar pun bisa dikembangkan dengan baik disini.  Salah satu tanaman yang masih memiliki potensi pengembangan yang tinggi adalah buat Tin atau buah Ara.  Begitu istimewanya buah ini, hingga Kitab Suci Al-Qur’an pun mengupas secara khusus dalam sebuah surat At-Tin. “ Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,”  demikian yang tersirat dalam Surat At-Tin ayat 1-2. Buah tin memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap.

LAST_UPDATED2
 

BERGELUT DENGAN POLINASI SEMANGKA

Ritual pagi hari untuk melakukan polinasi pada bunga semangka selama seminggu ini telah dijalankan beberapa ibu tani di lahan pertanian desa Pesantren kecamatan Tembelang. Polinasi semangka merupakan salah satu aktivitas yang biasa dijalani dalam budidaya semangka, aktivitas ini memerlukan pemahaman dan ketrampilan yang lebih.

LAST_UPDATED2
   

WASPADA PYRICULARIA PADA PADI

Penyakit padi akibat Pyricularia merupakan penyakit langganan tanaman padi di wilayah Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, terutama daerah pengairan non teknis. Menurut hasil pengamatan petani dan penyuluh pertanian setempat penyakit padi ini akan muncul dan semakin parah menyerang pada tanaman yang kelebihan pupuk Nitrogen seperti urea dan perlakuan jarak tanam yang terlalu rapat.

LAST_UPDATED2
   

HIDROPONIK ORGANIK RINTIS BERTANI RAMAH LINGKUNGAN

Teknologi hidroponik saat ini terus berkembang di Kabupaten Jombang. Teknologi budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah ini, mulai digemari oleh para pelaku agribisnis baru terutama kalangan muda dan ibu rumah tangga. Sesuai namanya, budidaya hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya. Sebagian besar memang belom merambah menjadi usaha rumah tangga,

LAST_UPDATED2
   

PEMANFAATAN PEKARANGAN, KEMANDIRIAN PANGAN KELUARGA

Sudah 69 tahun bangsa Indonesia merdeka, kita telah menunjukkan eksistensi bangsa ini dalam sejarah dunia. Namun demikian masih ada banyak pekerjaan rumah (PR) bagi kita untuk dapat mencapai cita-cita bangsa, sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

LAST_UPDATED2