ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi

Tips dan Inovasi

WASPADA PYRICULARIA PADA PADI

Penyakit padi akibat Pyricularia merupakan penyakit langganan tanaman padi di wilayah Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, terutama daerah pengairan non teknis. Menurut hasil pengamatan petani dan penyuluh pertanian setempat penyakit padi ini akan muncul dan semakin parah menyerang pada tanaman yang kelebihan pupuk Nitrogen seperti urea dan perlakuan jarak tanam yang terlalu rapat.

LAST_UPDATED2
 

HIDROPONIK ORGANIK RINTIS BERTANI RAMAH LINGKUNGAN

Teknologi hidroponik saat ini terus berkembang di Kabupaten Jombang. Teknologi budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah ini, mulai digemari oleh para pelaku agribisnis baru terutama kalangan muda dan ibu rumah tangga. Sesuai namanya, budidaya hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya. Sebagian besar memang belom merambah menjadi usaha rumah tangga,

LAST_UPDATED2
   

PEMANFAATAN PEKARANGAN, KEMANDIRIAN PANGAN KELUARGA

Sudah 69 tahun bangsa Indonesia merdeka, kita telah menunjukkan eksistensi bangsa ini dalam sejarah dunia. Namun demikian masih ada banyak pekerjaan rumah (PR) bagi kita untuk dapat mencapai cita-cita bangsa, sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

LAST_UPDATED2
   

AMANKAN KLENGKENG DARI “CODOT”

Apakah tanaman Klengkeng dipekarangan atau kebun anda terancam dengan hadirnya “Codot”?  Inilah tips yang mungkin anda butuhkan untuk mengatasinya.  Tanaman Klengkeng merupakan tanaman buah tahunan yang memiliki nilai ekonomis tergolong tinggi.  Bagaimana tidak, harganya yang cenderung tinggi dan stabil menjadikan buah ini menjadi idola dikalangan pembudidaya. Dengan teknologi pembibitan yang kian berkembang, kini banyak dijumpai berbagai varietas unggul yang bisa dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan.  Tetapi harapan pekebun akan sirna ketika melihat buah yang menjelang besar mulai diincar Codot atau kelelawar.

LAST_UPDATED2
   

POKTAN KARANGAN, CUCI LAHAN DARI BAHAN KIMIA

Tahukah anda dengan resiko penggunaan bahan kimia yang berlebih dalam lahan pertanian? Kandungan bahan kimia yang dimaksud adalah bersumber dari penggunaan pestisida maupun sarana produksi lain dari bahan kimia sintetis.  Awalnya, bahan-bahan ini diaplikasikan petani dalam rangka pengawalan tanaman budidaya agar terhindar dari serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).  Kualitas hasil produksi tanaman dipertaruhkan demi terjaganya produktivitas yang diharapkan terus meningkat.  Beberapa kajian yang dilakukan baik peneliti maupun praktisi menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan bahan kimia dengan residu yang ada.  Jadi dengan semakin tingginya penggunaan bahan kimia dalam budidaya, akan semakin tinggi pula residu bahan kimia dalam produk pertanian.

LAST_UPDATED2