ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi

Tips dan Inovasi

PEMANFAATAN PEKARANGAN, KEMANDIRIAN PANGAN KELUARGA MENUJU KETAHANAN DAN KEDAULATAN PANGAN NASIONAL

Sudah 69 tahun bangsa Indonesia merdeka, kita telah

LAST_UPDATED2
 

AMANKAN KLENGKENG DARI “CODOT”

Apakah tanaman Klengkeng dipekarangan atau kebun anda terancam dengan hadirnya “Codot”?  Inilah tips yang mungkin anda butuhkan untuk mengatasinya.  Tanaman Klengkeng merupakan tanaman buah tahunan yang memiliki nilai ekonomis tergolong tinggi.  Bagaimana tidak, harganya yang cenderung tinggi dan stabil menjadikan buah ini menjadi idola dikalangan pembudidaya. Dengan teknologi pembibitan yang kian berkembang, kini banyak dijumpai berbagai varietas unggul yang bisa dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan.  Tetapi harapan pekebun akan sirna ketika melihat buah yang menjelang besar mulai diincar Codot atau kelelawar.

LAST_UPDATED2
   

POKTAN KARANGAN, CUCI LAHAN DARI BAHAN KIMIA

Tahukah anda dengan resiko penggunaan bahan kimia yang berlebih dalam lahan pertanian? Kandungan bahan kimia yang dimaksud adalah bersumber dari penggunaan pestisida maupun sarana produksi lain dari bahan kimia sintetis.  Awalnya, bahan-bahan ini diaplikasikan petani dalam rangka pengawalan tanaman budidaya agar terhindar dari serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).  Kualitas hasil produksi tanaman dipertaruhkan demi terjaganya produktivitas yang diharapkan terus meningkat.  Beberapa kajian yang dilakukan baik peneliti maupun praktisi menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan bahan kimia dengan residu yang ada.  Jadi dengan semakin tingginya penggunaan bahan kimia dalam budidaya, akan semakin tinggi pula residu bahan kimia dalam produk pertanian.

LAST_UPDATED2
   

TANAMAN HORTIKULTURA DI LAHAN PEKARANGAN

Mulanya hanya ingin memanfaatkan lahan disekitar rumah agar terlihat asri dan nyaman dilihat, karena selama ini hanya ditumbuhi rumput liar dan tidak terawat, begitu komentar Pak Agus ketika menjelaskan kondisi lahan disekitar rumahnya di dusun Santeran desa Pesantren Kec. Tembelang. Lahan ini ditanami sejak awal bulan Mei 2013 dengan beberapa jenis tanaman hortikultura seperti tomat, terong, cabai kecil, melon dan kacang panjang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

LAST_UPDATED2
   

BUDIDAYA BUAH BLIMBING DALAM POT

Di tengah terus menurunnya luas lahan pertanian, masyarakat mulai memikirkan alternative untuk melakukan kegiatan budidaya sebagai sarana mencukupi kebutuhan pangan yang beragam, bergizi dan berimbang.  Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) yang sering dilakukan untuk menambah keindahan suasana, ternyata mampu mencukupi kebutuhan buah skala rumah tangga. Selain mudah dalam perawatan karena memang setiap hari bisa terpantau,Tabulampot juga akan menyediakan buah segar yang setiap saat bisa dinikmati.  Beberapa keuntungan lain yang diperolah adalah kualitas produksi yang terkontrol serta dengan konsumsi segar, kandungan gizi yang ada tetap terjaga.

LAST_UPDATED2