ANDA BERADA DI: Depan

Padi

E-mail Cetak PDF



PADI DAN BERAS

Bagian terpenting pembangunan sektor pertanian adalah pembangunan sub sektor tanaman pangan. Penilaian kinerja dari pembangunan sub sektor tanaman pangan ini salah satunya dapat dilihat dari kinerja produksi dan produktivitas tanaman pangan utama yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu tanaman padi.
Produktivitas padi masih perlu ditingkatkan.  Salah satu permasalahannya adalah disaat luas areal persawahan terus berkurang karena digunakan untuk kepentingan lain, kita dihadapkan pada kebutuhan konsumsi beras kita yang terus meningkat akibat peningkatan jumlah penduduk. Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras, produktivitas padi perlu ditingkatkan demi kesejahteraan petani karena padi merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia, sehingga banyak petani yang menggantungkan pendapatannya pada usahatani tanaman ini.
Program Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melalui Visinya Menuju Budaya Pertanian Organik Tahun 2013 yang dijabarkan dalam beberapa misi:
1.    Meningkatkan SDM Petani dan Aparatur
2.    Menata kelembagaan Petani dan Aparatur
3.    Mengembangkan Inovasi teknologi
4.    Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang,
Terpacu dengan visi dan misi dinas dan sebagai satu sentra produksi padi, kabupaten Jombang menerapkan cara tanam SRI dalam budidaya padinya. Untuk potensi usahatani padi yang telah dilakukan kabupaten Jombang, dapat dilihat dari data file : statistik pertanian padi.

Selengkapnya di Deskripsi Padi di Jombang