ANDA BERADA DI: Depan Berita Tips dan Inovasi Resep Prol Tape Khas Turipinggir

Resep Prol Tape Khas Turipinggir

E-mail Cetak PDF

Pertanian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pelaku utama dalam budidaya tanaman yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya. Namun berbeda dengan yang dilakukan Kelompoktani Turipinggir Desa Turipinggir Kecamatan Megaluh, pelaku utama selain didapatkan dari budidaya tanaman, juga dilakukan upaya diversifikasi pangan melalui pembuatan produk olahan dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang ada dan melimpah.
Dari ketersediaan bahan bahan baku yang melimpah dapat dibuat produk olahan dengan tujuan dapat meningkatkan nilai tambah.  Produk yang semula dijual dengan mentah sekarang beralih dengan penjualan produk olahan yang lebih baik. Hal ini tentu akan meningkatkan harga jual produk dan berdampak pada kenaikan pendapatan pelaku utama.
Berikut akan disampaikan bagaimana prosedur pengolahan/ pembuatan bahan baku utama tape singkong menjadi prol tape dan sistem pemasaran serta penjualannya kepada masyarakat luas.  Peran Kelompok Wanita Tani adalah sebagai wadah kebersamaan para pelaku utama dibidang home industri dalam upaya untuk mempersiapkan kelompok wanita tani yang tangguh serta diharapakan mampu mengakomodir setiap ide- ide kreatif dari anggotanya.

Selain itu mereka juga mampu mengatasi setiap permasalahannya sendiri, mampu menghadapi tantangan dan mengatasi kendala yang ada di dalam kelompok wanita tani itu sendiri.  Dari kreatifitas yang muncul, para anggota Kelompok Wanita Tani  mampu menciptakan resep olahan yang layak dikembangkan.  Salah satunya adalah pembatan prol tape yang ternyata mampu memukau para penikmat kuliner didesa itu.

Pembuatan Prol Tape
Bahan
1.    Tape Singkong         500 gr
2.    Telur Ayam             4 butir
3.    Gula pasir            250 gr
4.    Tepung terigu ▲        250 gr
5.    Vaneli                  ½  sdt
6.    Baking powder        1 sdt
7.    Mentega / falmia        200 gr
8.    SP                 1st

Tahapan pembuatan
1.    Lelehkan mentega
2.    Kocok telur + gula + sp + kocok sampai mengembang berwarna putih
3.    Masukkan baking powder
4.    Masukkan tape singkong yang sudah lumatkan
5.    Masukkan tepung
6.    Masukkan mentega
7.    Aduk  sampai rata
8.    Siapkan loyang yang di olesi mentega dan di taburi tepung tipis
9.    Tuang ¾ loyang
10.    Oven selama 30 menit dengan suhu 120 derajat celcius
11.    Dinginkan dan olesi cream bater beri toping menurut selera, keju, meses, kacang
12.    Potong dan sajikan

Kegiatan penumbuhan home industri dari sektor pertanian melalui Kelompok Wanita Tani ( KWT ) di Desa Turipinggir Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang merupakan terobosan baru dalam  meningkatakan kemampuan dan keterampilan bagi ibu – ibu yang tergabung dengan kelompok wanita tani. Dari kegiatan ini, kelompok wanita tani diharapkan mampu membuat produk unggulan sebagai bentuk ciri khas dari kelompok wanita tani. Serta bisa dipasarkannya di desa maupun menitipkan diwarung- warung dan memperluas pemasarannya dengan mengikuti pameran Usaha Kecil Menengah ( UKM ). (Mulyanto, Unit TIK Megaluh)

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh