ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan Dinas Pertanian Kab. Jombang Kembali Jawara Lomba Website Nasional 2017

Dinas Pertanian Kab. Jombang Kembali Jawara Lomba Website Nasional 2017

E-mail Cetak PDF

Beberapa tahun ini, teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat.  Terlepas dari dampak positif dan negatifnya, faktanya hal ini telah mampu mewarnai pola kehidupan masyarakat.  Berbagai media sosial, aplikasi dan website telah diciptakan dalam mendukung kegiatan perekonomian dengan membangun jejaring usaha dan

distribusi informasi tata niaga.  Selain itu, teknologi informasi  juga telah mewarnai pernak pernik dunia politik, sosial dan budaya di masyarakat.  Rasanya hampir semua aspek kehidupan tidak bisa terlepas dari teknologi informasi saat ini.

Tidak ketinggalan pula, teknologi informasi juga telah berkembang dengan baik dalam mendukung program pembangunan pertanian.  Seperti yang telah dilakukan Dinas Pertanian Kab. Jombang, penerapan teknologi ini telah diakui pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian RI.  Sejak Tahun 2010 hingga sekarang, Dinas yang dipimpin oleh Ir. Hadi Purwartoro, M.Si saat ini tetap konsisten melaksanakan kegiatan melalui dukungan teknologi informasi.  Mulai dari aplikasi “SMS Centre” untuk menampung keluhan masyarakat, aplikasi “Adaptif” untuk penyediaan informasi pertanian hingga aplikasi “Simfoni” (Sistem Informasi Kelompoktani) untuk memperkuat kelembagaan petani kita.  Beberapa layanan unggulan yang ditampilkan mulai dari berita pertanian, basis data dan kisah inspiratif “Mbah Suluh” yang menjadi media penyuluhan sesuai karakter orang Jombang.  Selain itu masih ada beberapa aplikasi lain seperti E-Reporting, E-Documen, SMS Sobat tani, SPPD dan E-Dupak serta Peramalan OPT yang telah diluncurkan untuk digunakan sesuai kebutuhan. 

Dinas Pertanian Kab. Jombang melalui Unit Teknologi Informasinya, terus berupaya mengembangkan inovasi dalam upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi kinerjanya.  Menjadi sumber informasi dan inspirasi pembangunan pertanian merupakan visi yang diembankan ternyata telah membuahkan hasil.  Terbukti sejak tahun 2011 dalam lomba website tingkat Nasional lingkup Kementan RI belum ada kabupaten/ kota yang mampu menggeser kedudukan Dinas Pertanian Kab. Jombang hingga saat ini.  Setelah sempat diberhentikan dari mengikuti lomba pada tahun 2014 dan 2015 karena telah 3 kali berturut-turut memenangi, tahun 2016 dan 2017 ini juga masih kuat diposisi teratas. 

Tahun ini Dinas Pertanian Jombang telah menyisihkan 158 pesaingnya.  Ir. Hadi Purwantoro, M.Si selaku kepala Dinas, disela sela aktifitasnya menyatakan bahwa lomba website tidaklah semata mata menjadi tujuan akhir.  Namun yang terpenting disini adalah bagaimana website resmi dinas bisa menjadi basis data, pusat informasi, sarana komunikasi sekaligus media motivasi untuk seluruh pelaku pembangunan pertanian.  Dengan demikian, kinerja dinas bisa ditingkatkan dengan efektif dan efisien hingga memiliki dampak nyata dimasyarakat.

Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Jombang Drs. Ec. Daniel Nanang Kusrianto menambahkan bahwa lomba website ini merupakan ajang bergengsi tahunan.  Pemenang lomba akan menjadi acuan bagi SKPD lingkup pertanian secara nasional.  Jadi tidak sekedar menjadi pemenang, namun diharapkan bisa mewarnai kebijakan pengembangan teknologi Informasi di masing-masing dinas pertanian seluruh kabupaten/ kota dan propinsi di Indonesia.

Selain itu, Kepala Bidang Sarana Prasarana dan SDM Ir. Didik Budi Prasetyo menambahkan bahwa lomba ini tidak hanya mencari pemenang yang akan menjadi rujukan pengembangan IT saja, namun juga bentuk pembinaan dari Kementerian Pertanian pada SKPD secara nasional.  Sehingga setelah lomba ini sebaiknya ada berbagai upaya pembinaan yang bisa dilakukan agar pengembangan IT semakin kuat menopang pelaksanaan program pembangunan pertanian didaerah.  (Rudi Priono)

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh