ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan TNI KAWAL PENINGKATAN PRODUKSI PANGAN JOMBANG

TNI KAWAL PENINGKATAN PRODUKSI PANGAN JOMBANG

E-mail Cetak PDF

Ketahanan pangan nasional adalah hal vital yang harus diperjuangkan. Hal inilah yang mengetuk hati setiap elemen pemerintahan di Indonesia untuk ikut ambil bagian didalamnya. Salah satunya adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut serta mengawal upaya pembangunan pertanian yang kian hari makin menghadapi tantangan berat dimasyarakat. Mulai dari aspek sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi hingga budaya yang berpengaruh kian bergeser susuai eranya.Tidak ketinggalan pula Kabupaten Jombang, melalui Dinas Pertaniannya menjalin kerjasama dengan Kodim 0814 Jombang untuk mengupayakan swasembada pangan Kab. Jombang. Hal ini didasari dari MoU yang disepakati kedua lembaga untuk turut serta mensukseskan pembangunan pertanian melalui program Mobile Training Team (MTT). Semua personil dari kedua lembaga tersebut dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan pembangunan pertanian di Kab. Jombang. Mulai dari segenap pejabat structural kedua lembaga hingga petugas diwilayah territorial setempat diorganisir dalam satu program.

Dalam Rapat Gabungan TNI Kodim 0814 dan Dinas Pertanian Kab. Jombang, Letkol Arm Huhammad Haidir selaku Dandim 0814 mengungkapkan bahwa Babinsa akan dikerahkan untuk turut serta dalam upaya peningkatan produksi pangan melalui bekerjasama dengan pihak instansi pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan 2 Pebruari 2015 di Aula Kodim 0814 Jombang dengan dihadiri para pejabat structural Dinas Pertanian dan Kodim, Babinsa, Penyuluh pertanian, Mantri tani hingga Petugas pengamat hama (POPT) se kab. Jombang.

Hal ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Panglima TNI dan Kodam V Brawijaya untuk mendampingi petani dalam peningkatan produktifitas pertanian. TNI dipaksa untuk mengetahui dan mengerti tentang pertanian, tapi seringnya Prajurit kami terlalu PD (Percaya diri) bisa jadi malah teman Penyuluh yang di ajari pertanian. Ungkap yang pria memiliki tubuh kekar tersebut sambil bercanda disambut gemuruh tawa semua yang hadir. Jombang telah surplus beras, namun kita tetap akan berupaya meningkatkan produktifitas yang ada, tambahnya.

Selanjutnya diharapkan agar koordinasi dan kerjasama antara Babinsa dan Petugas pertanian dilapang bisa terjalin dengan baik untuk mensukseskan program ini. Babinsa yang ada di setiap desa akan menjalin koordinasi dengan petugas pertanian di wilayah sehingga akan menambah efektifitas dan efisiensi pekerjaan, tambah Ir. Hadi Purwantoro, M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian Jombang. Ini merupakan hal positif dimana kekurangn personil yang selama ini terjadi akan bisa tertutupi dengan rekan dengan pendampingan oleh TNI.

Dalam kegiatan ini, tantangan yang dihadapai antara lain perbedaan rencana alokasi jatah pupuk subsidi, infrastruktur pertanian, iklim, potensi serangan hama penyakit, kesuburan lahan hingga keseimbangan ekosistem. Pengawalan secara tepat menjadi factor kunci keberhasilan pembanguan pertanian dalam mengupayakan swasembada pangan di Kab. Jombang terutama komoditas Padi, Jagung dan Kedelai.

 

Add comment

Security code
Refresh