ANDA BERADA DI: Depan Berita Program Kegiatan

Program Kegiatan

SL GAP CABAI MERAH DI BANDAR KEDUNGMULYO

Sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pendukung komoditas tanaman pangan. Beberapa tahun terakhir telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas sayuran. Upaya ini dilakukan untuk memperoleh pasokan produksi yang memadai baik secara kuantitas, kualitas maupun kontinuitas. Hal lain yang memperkuat keadaan adalah dimana peningkatan konsumsi sayuran yang terus terjadi oleh masyarakat dan permintaan pasar lokal maupun nasional.

 

KEDELAI MELUAS DI JOMBANG

Komoditi tanaman pangan memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri yang setiap tahunnya cenderung meningkat. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan, komoditas ini menjadi strategis dalam perannya mempertahankan Ketahanan Pangan Nasional di negeri agraris ini.

   

TNI KAWAL PENINGKATAN PRODUKSI PANGAN JOMBANG

Ketahanan pangan nasional adalah hal vital yang harus diperjuangkan. Hal inilah yang mengetuk hati setiap elemen pemerintahan di Indonesia untuk ikut ambil bagian didalamnya. Salah satunya adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut serta mengawal upaya pembangunan pertanian yang kian hari makin menghadapi tantangan berat dimasyarakat. Mulai dari aspek sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi hingga budaya yang berpengaruh kian bergeser susuai eranya.Tidak ketinggalan pula Kabupaten Jombang, melalui Dinas Pertaniannya menjalin kerjasama dengan Kodim 0814 Jombang untuk mengupayakan swasembada pangan Kab. Jombang. Hal ini didasari dari MoU yang disepakati kedua lembaga untuk turut serta mensukseskan pembangunan pertanian melalui program Mobile Training Team (MTT). Semua personil dari kedua lembaga tersebut dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan pembangunan pertanian di Kab. Jombang. Mulai dari segenap pejabat structural kedua lembaga hingga petugas diwilayah territorial setempat diorganisir dalam satu program.

   

KENDALIKAN WERENG DENGAN JAMUR, SIAKTIV DIPERTA RUNNER UP JATIM

Permasalahan lapang yang dihadapi petani merupakan inspirasi program Dinas Pertanian Kab. Jombang. Sesuai kaedah pelayanan public lembaga pemerintah dimana setiap aspirasi dan keluhan masyarakat menjadi landasan pelayanan bagi masyarakat. Berbagai permasalahan yang muncul dilapang perlu kiranya menjadi skala prioritas dengan berbagai pertimbangan dalam rangka penanganannya.

 

   

NGUSIKAN RAPATKAN BARISAN SIKAPI KELANGKAAN PUPUK SUBSIDI

Beberapa minggu ini Jombang mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi.  Bagaimana tidak,menjelang turun tanam musim ini hingga sekarang masih dijumpai kekurangan stok kios yang hampir merata meskipun berbagai upaya pengalihan pada pupuk organik terus dilakukan.  PPL Kecamatan Ngusikan dibawah koordinasi Agus Bambang Riyanto terus berupaya meminimalisir permasalahan.  Dihadiri Camat Ngusikan Siswanto, S.Sos dan Petugas Dinas Pertanian Didik BP, koordinasi dilakukan bersama pemilik kios resmi pupuk bersubsidi, Kelompok tani (Poktan) serta Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) se-Kecamatan Ngusikan.