ANDA BERADA DI: Depan Berita Saka Taruna Bumi DIKLAT I PRAMBUMI AKRAPKAN SISWA DENGAN DUNIA PERTANIAN

DIKLAT I PRAMBUMI AKRAPKAN SISWA DENGAN DUNIA PERTANIAN

E-mail Cetak PDF

Pramuka Saka Taruna Bumi atau yang biasa disebut Prambumi Oleh beberapa kalangan di Jombang, ternyata masih mampu menjadi daya pikat siswa-siswi pramuka untuk terus berkarya. Saka Taruna Bumi merupakan organisasi kesakaan tertua di Indonesia. Saka Taruna Bumi adalah wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian. Pembinaan Saka Taruna Bumi dilakukan oleh Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementarian Pertanian, LIPI dan Instansi pertanian lain.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, diklat I Pramuka Saka Taruna Bumi Kab. Jombang dilaksanakan pada liburan semester ganjil. Jika Tahun sebelumnya diadakan di P4S Sedulur Tani di Kecamatan Bareng dan P4S Mitra Tani Kec. Jombang, kali ini Diklat I dilaksanakan di P4S Plandaan Madani Desa Plandaan Kec. Plandaan. Medannya yang cukup menantang membuat para peserta betah tinggal disana. Mulai masuk lokasi sudah disambut hamparan sawah dengan angin semilir. Selanjutnya, lantai jemur membentang dipinggir pematang disambung kandang Kambing, PE (Peranakan Etawa) dan Domba. Disana dilengkapi tempat pertemuan, rumah kompos, gudang, kolam budidaya lele, gurame, patin serta lahan percontohan untuk sayuran organik. Tak ketinggalan kandang sapi dilengkapi gudang pakannya.

Lokasi didaerah tegalan yang dekat hutan rakyat membuat suasana berlatih menjadi lebih menarik. Para siswa mempelajari mulai dari prinsip-prinsip pertanian organik hingga konsep pertanian terpadu. Teknis pembuatan sarana produksi pertanian pun dipraktekkan disana. Mulai pembuatan bokashi, MOL dan beberapa teknologi terapan lain. 40 siswa didikan Saka Taruna Bumi Kab. Jombang telah mengikuti kegiatan mulai Kamis hingga Jumat, 4-5 Juli 2013 dengan penuh semangat tanpa adanya halangan suatu apapun. Malam haripun dimeriahkan dengan suasana api unggun yang melupakan semua siswa dari letih setelah berlatih. Api unggun ditutup hingga jam 24.00 WIB dan diteruskan istirahat hingga menjelang sholat subuh berjamaah. Setelah Sholat Subuh dijalankan, olahraga dilakukan dengan lari kecil sekaligus untuk mengenal lebih dekat suasana alam sekitar P4S Plandaan Madani yang diketuai oleh Bpk. Solekhan tersebut.

Seluruh peserta merasa sangat puas dengan kegiatan kali ini. Diharapkan akan dilanjutkan dengan pembinaan yang lebih intensif kedepan untuk terus membangun generasi muda yang cinta dunia pertanian. Ungkap Pak Nusantara W, Sp, MM selaku pelaksana kegiatan pembinaan Saka Taruna Bumi Kab. Jombang.
(Rudi Priono, SP - Unit TI Kab. Jombang)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh