ANDA BERADA DI: Depan Berita Saka Taruna Bumi SAKA TARUNA BUMI ASAH KETERAMPILAN

SAKA TARUNA BUMI ASAH KETERAMPILAN

E-mail Cetak PDF

Dalam upaya peningkatan kapasitas SDM pertanian mendatang, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melatih 40 orang Siswa Taruna Bumi terpilihnya.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 september ini.  Besar memang antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.  Karena memang dalam ajang ini para peserta bisa bersosialisasi langsung dengan peserta dari kecamatan lain.  Seluruh yang hadir terdiri dari siswa siswi SMA dan SMK di sekitar kecamatan Jombang, Jogoroto dan Sumobito.  Apa lagi dalam kegiatan ini dilatih oleh para pakar dan praktisi yang membidangi.

Pelatihan ini dilaksanakan di P4S Mitra Tani yang di ketuai Bapak Wagi yang sekaligus ketua PPAH (Pos Pelayanan Agens Hayati) di Jombang. 40 peserta pelatihan Taruna Bumi di latih pengembangan teknologi pertanian terbaru dalam penyediaan sarana prasarana pertanian, budidaya pertanian dan penanganan pasca panen.  Juga di bekali keterampilan akuntansi managemen serta pembekalan dalam berwirausaha agribisnis.  Besar harapan para pelatih untuk memotivasi generasi muda pertanian dalam menciptakan lapangan kerja baru. 

Kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa anggota Pramuka Taruna Bumi di Kabupaten Jombang secara lebih terarah, ungkap Ir. Nusantara, MM selaku pejabat pelaksana kegiatan.  Beliau menambahkan pentingnya pemerintah dalam meningkatkan SDM di bidang pertanian, karena memang Indonesia sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup di bidang pertanian.

Hal ini selaras dengan pendapat P.Wagi yang menginginkan kegiatan seperti ini terus dikembangkan, karena mau tidak mau generasi muda mendatang juga akan dihadapkan pada permasalahan pertanian yang semakin komplek.  Begitu juga pendapat P. Rudi Priono, A.Md selaku pamong saka Taruna Bumi Kab. Jombang menyatakan bahwa kita hanya bisa melakukan perubahan besar dengan bekerjasama antara semua pihak terkait sehingga setiap program akan berjalan dengan baik dan selaras.
(RDP - Unit TI Kab. Jombang)

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh