ANDA BERADA DI: Depan Berita Saka Taruna Bumi PEMBINAAN SAKA TARUNA BUMI MAN JOMBANG

PEMBINAAN SAKA TARUNA BUMI MAN JOMBANG

E-mail Cetak PDF

Jombang, Jombang. Dalam rangka peningkatan SDM Pemuda-Pemudi tani khususnya di Kabupaten Jombang, Dinas Pertanian melakukan pembinaan Saka Taruna Bumi.  Satuan Karya Pramuka disingkat Saka adalah satuan yang terdiri atas Pramuka Penegak, Pramuka Pendega, Pramuka Penggalang yang sudah berusia lebih dari 14 tahun, Pemuda calon anggota Gerakan Pramuka yang telah berusia 14-25 tahun serta peminat lainnya yang melaksanakan kegiatan nyata,produktif dan bermanfaat, yang diarahkan kepada kepantingan pembangunan Nasional, serta dengan aspirasi pemuda Indonesia.

Yang dimaksud dengan Tarunabumi adalah pemuda yang berminat dan aktif melaksanakan kegiatan di bidang pertanian pada umumnya, termasuk bidang perkebunan, perikanan, peternakan, tanaman pangan.tanaman keras dan hortikultura.

Saka Tarunabumi adalah salah satu jenis satuan karya Pramuka tempat meningkatkan dan mengembangkan kepoemimpinan,pengetahuan, pengalaman,keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif serta bermanfaat dalam mendukung kagiatan pembangunan pertanian.

Tujuan pembentukan Saka Tarunabumi adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional di bidang pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah dibidang pertanian kepada anggota Gerakan Pramuka terutama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta kepada pemuda calon anggota pramuka dan para peminat yang memenuhi persyaratan.

Mengingat begitu strategisnya peran Saka Taruna Bumi mendorong Dinas Pertanian Kab. Jombang untuk mengembangkannya.  Sebelumnya Saka ini sudah terbina di Kecamatan Sumobito. Kali ini Dinas Pertanian Kab. Jombang mengembangkan lagi dengan bekerjasama dengan MAN Jombang dengan basis kegiatan di sekolah. 

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi kegiatan Ke-Sakaan di MAN pada tanggal 14 Juli 2012 yang berakhir dengan kesepakatan adanya pembinaan di sana.  Dengan jumlah siswa yang mengikuti sosialisasi sekitar 400 orang diharapkan akan bisa meningkatkan kembali minat generasi muda untuk peduli di bidang pertanian. 

Sosialisasi dilakukan di MAN Jombang oleh P. Rudi Priono selaku wakil dari Dinas Pertanian yang merupakan salah satu Pembina Saka Taruna Bumi disana.  Beliau menegaskan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan pertanian.  Hal ironis diungkapnya.  Betapa Sumberdaya alam yang melimpah yang menjadikan Indonesia dikatakan Negara agraris, tetapi para pemudanya sudah kurang mencintai dunia pertanian.  Padahal dunia pertanianlah yang menghidupi sebagian besar masyarakat kita. 

Beliau juga ungkapkan bahwa pertanian tidak identik dengan cangkul.  Karena pertanian merupakan rangkaian proses dari hulu hingga hilir.  Mulai penyediaan sarana prasarana pertanian, budidaya, panen dan pasca panen berupa pengolahan hasil pertanian serta pemasaran merupakan rangkaian system dalam agribisnis yang tak terpisahkan. 

Jadi berbagai perusahaan sarana pertanian mulai perusahaan pupuk, perusahaan pestisida, penangkar benih, produksi Agens hayati (Musuh alami hama) sampai tukang pandai besi untuk peralatan pertanian masuk dalam lingkup bidang pertanian. Dalam dunia pertanian disini dikatakan usaha input agribisnis. Kegiatan farming sudah jelas. Merupakan kegiatan budidaya yang dilakukan para pelaku utama pertanian sehingga menghasilkan produk pertanian segar.  Ungkap Penyuluh pertanian yang memang senang dengan dunia pramuka itu.

Yang ketiga adalah kegiatan penanganan panen, pasca panen berupa pengolahan hasil pertanian dan pemasaran.  Mulai dari penggilingan padi, gudang sortasi, grading, packing, packaging, perusahaan olahan hasil pertanian mulai kripik, saos, kecap, camilan, sosis, permen dll semua juga merupakan bagaian dari agribisnis pertanian.  Ungkapnya Kegiatan ini di tindaklanjuti dengan pembinaan secara berkala oleh Dinas Pertanian Kab. Jombang setiap hari Jum’at pukul 14.00 sampai selesai.

(RDP - Unit TI Kab.Jombang)

 

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh