ANDA BERADA DI: Depan Berita Saka Taruna Bumi

Saka Taruna Bumi

DIKLAT I PRAMBUMI AKRAPKAN SISWA DENGAN DUNIA PERTANIAN

Pramuka Saka Taruna Bumi atau yang biasa disebut Prambumi Oleh beberapa kalangan di Jombang, ternyata masih mampu menjadi daya pikat siswa-siswi pramuka untuk terus berkarya. Saka Taruna Bumi merupakan organisasi kesakaan tertua di Indonesia. Saka Taruna Bumi adalah wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian. Pembinaan Saka Taruna Bumi dilakukan oleh Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementarian Pertanian, LIPI dan Instansi pertanian lain.

 

SAKA TARUNA BUMI JOMBANG DUKUNG PEDA KTNA JATIM 2013

Seolah tidak lepas dari program Dinas Pertanian, Saka Taruna Bumi Kab. Jombang terus mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka ikut serta membangun masyarakat.  Sesuai dengan Trisatya/Janji Pramuka tentunya. Masyarakat Jombang khususnya dimana sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya di bidang pertanian, menjadikan pembangunan pertanian sebagai prioritas.  Hal ini tentunya perlu dukungan semua pihak tidak terkecuali Pramuka Saka Taruna Bumi selaku satuan karya yang menggeluti bidang pertanian.

   

ANJUNGAN SAKA TARUNA BUMI RAMAI PENGUNJUNG

Raimuna Cabang VIII di Kabupaten Jombang merupakan event pertemuan seluruh pramuka penegak pandega seluruh Kabupaten Jombang.  Kegiatan yang di ikuti oleh sekitar hampir 3000 peserta ini dilakukan dalam rangka memotivasi dan menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan di Kabupaten Jombang ditengah terus maraknya aktifitas gererasi muda yang kurang produktif.  Tidak ketinggalan Pramuka Saka Taruna Bumi Kabupaten Jombang yang membuka anjungan saka di sana. Karena Raimuda dilaksanakan pada minggu 21 Oktober hingga Selasa 24 Oktober kemaren, anggota Saka Taruna Bumi sudah menyiapkan stand anjungan sejak sabtu dengan penuh kreatifitas.

   

SAKA TARUNA BUMI ASAH KETERAMPILAN

Dalam upaya peningkatan kapasitas SDM pertanian mendatang, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melatih 40 orang Siswa Taruna Bumi terpilihnya.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 september ini.  Besar memang antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.  Karena memang dalam ajang ini para peserta bisa bersosialisasi langsung dengan peserta dari kecamatan lain.  Seluruh yang hadir terdiri dari siswa siswi SMA dan SMK di sekitar kecamatan Jombang, Jogoroto dan Sumobito.  Apa lagi dalam kegiatan ini dilatih oleh para pakar dan praktisi yang membidangi.

   

ARAH PEMBINAAN TARUNA BUMI MAN JOMBANG

Selayaknya sebuah organisasi, Saka Taruna Bumi MAN Jombang telah menentukan arah dari bentuk pembinaan yang akan dilaksanakan. Menjelang libur hari raya Idul Fitri ini, Pembina dan para anggota yang tergabung melakukan penyusunan Visi dan Misi yang akan di jalankan bersama.  Hal ini sangat penting dilakukan dalam menunjang eksistensi sebuah organisasi.  Karena pada hakekatnya pembagian peran seluruh anggota sangat diperlukan dalam keselarasan pelaksanaan kegiatan.  Ibaratnya tangan, kaki, kepala dan organ lain akan menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang di pikirkan oleh otak.  Visi dan Misi inilah yang akan menyelaraskan setiap langkah yang akan ditempuh oleh organisasi dalam rangka mewujudkan harapan bersama.