ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian PEMBUKAAN DIKLAT MEDIA CETAK BAGI PENYULUH

PEMBUKAAN DIKLAT MEDIA CETAK BAGI PENYULUH

E-mail Cetak PDF

Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Media Cetak Bagi Penyuluh Pertanian Angkatan II Th. 2012 yang dilaksanakan di PPMKP Komplek Mega pada tanggal 19 – 25 Nopember 2012. Dengan jumlah peserta 30 Orang yang berasal dari beberapa propinsi se Indonesia. Diklat tersebut dibuka oleh Kepala Pusdiklat Bpk. Ir.Kemal Mahfud, MM.

Dalam sambutan pembukaan beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan tugas PPMKP sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang   berada dibawah dan bertangggung jawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) yang meliputi : melaksanakan dan mengembangkan teknik pelatihan manajemen, kepemimpinan dan multi media pertanian serta fungsional non Rumpun Ilmu Hayat Pertanian.  Dalam melaksanakan tugas tersebut salah satu fungsi dari PPMKP adalah memberikan pelayanan, pelaksanaan dan pengembangan teknik pelatihan multimedia pertanian serta penyeberan informasi pertanian.

Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan di bidang multi media pertanian diperlukan adanya jenis pelatihan media cetak bagi penyuluh pertanian yang  dapat memberikan manfaat dalam penyelenggaraan pelatihan maupun penyuluhan pertanian kepada sasaran petani beserta keluarganya. Melalui pelatihan media cetak, diharapkan penyuluh mampu menggunakan media cetak sebagai alat bantu pelatihan atau penyuluhan yang dapat dilihat, didengar, diraba dan dirasa untuk memperlancar komunikasi, sehingga memperjelas dan mudah dipahami materi atau informasi yang disampaikan kepada sasarannya, karena dapat lebih menarik, lebih interaktif, dapat mengatasi batasan ruang, waktu dan indera manusia.

Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan pesan agar peserta pelatihan (1)  Dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penyuluhan pertanian dalam mensosialisasikan program - program pertanian melalui multiedia (2) Merencanakan, merancang dan membuat media cetak sebagai alat bantu penyuluhanp ertaniand an (3) Lebih menyebarkan informasi melalui media cetak.

(Liputan Khusus dari PPMKP Ciawi Bogor - Anasrul Hakim - Unit TI Kec. Jogoroto)

 

 

 

 

 

 

Terakhir Diupdate ( Sabtu, 08 Desember 2012 09:20 )  

Add comment