ANDA BERADA DI: Depan Berita Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan Pertanian

Peran POPT

PERAN AKTIF POPT DALAM MENDUKUNG PEMASYARAKATAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU

Salah satu faktor pembatas dalam upaya meningkatkan produksi pertanian adalah adanya gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), Karena OPT dapat menyerang tanaman mulai dari persemaian/pembibitan sampai panen bahkan sampai hasil disimpan. Perlindungan tanaman sangat penting, untuk menjamin kepastian hasil dan memperkecil resiko berproduksi sesuatu tanaman (Djafarudin,2001).

 

KOORDINASI EVALUASI DAN PEMBAGIAN JATAH PUPUK BERSUBSIDI DI KECAMATAN NGUSIKAN

Pupuk merupakan kebutuhan dasar petani dalam berbudidaya tanaman. Tanpa pupuk, pruduksi pertanian akan sulit untuk dinaikkan. Begitu pentingnya pupuk untuk kenaikan produksi pertanian maka untuk menghindari gejolak kenaikan harga dan kelangkaan pupuk saat dibutuhkan petani, pemerintah mengatur dalam pendistribusian pupuk ini , melalui subsidi harga sampai dengan pengawasan distribusinya.

   

SEMANGAT TERAPKAN JAJAR LEGOWO

Kelompoktani Mlerep yang berada di desa Ketapangkuning kecamatan Ngusikan kabupaten Jombang merupakan salah satu kelompoktani yang cukup diandalkan sebagai pemasok kebutuhan tanaman pangan di wilayah kecamatan Ngusikan. Hal ini dikarenakan letak strategisnya yang berada di kisaran lahan dengan irigasi teknis yang dalam waktu satu tahun dapat melakukan budidaya sampai dengan

   

POKTAN KARANGAN “LURUG” LeSOS

Tahukah anda bagaimana ekspresi unik petani Jombang menghadapi petugas LeSOS? Dan bagaimana strategi mengurangi penggunaan bahan kimia sintetis dilahan pertanian hingga produk anda masuk kategori organik?

   

WISMP 2 SIAPKAN PETANI BARENG LEBIH ADAPTIF

Sekolah Lapang Pengelolaan tanaman Terpadu atau lebih dikenal SLPTT dalam program WISMP 2 (Water Resources and Irigation Sector Management Program 2), hampir setiap tahun dilaksanakan oleh Pemerintah.  Tidak tanggung-tanggung, sarana yang diperbantukan pada petanipun tergolong lengkap.  Mulai dari benih, pupuk organik, pupuk hayati, pestisida hingga sarana pembelajaran dicukupinya.