ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas PELATIHAN PERTANIAN UNTUK GENERASI MUDA PENERUS BANGSA

PELATIHAN PERTANIAN UNTUK GENERASI MUDA PENERUS BANGSA

E-mail Cetak PDF

Perkembangan agroindustri di pedesaan selama ini masih banyak menghadapi permasalahan dikarenakan masih lemahnya sumberdaya manusia dalam menggali, menganalisa, dan memecahkan permasalahan serta memanfaatkan peluang dan potensi yang ada dalam menjalankan usaha tani berorientasi agribisnis. Untuk meningkatkan upaya kemampuan sumberdaya manusia pertanian, sejak dini perlu dilakukan pengenalan dan pendidikan bagi generasi bangsa, putra dan putri Indonesia agar lebih mencintai dan prefer terhadap kegiatan pertanian sebagai pilihan pengembangan pribadinya untuk masa depan.

Sebagai salah satu tindakan untuk mewujudkan dan mewadahi putra-putri agar dapat belajar lebih intens tentang kegiatan pertanian, maka BBPP Ketindan Malang mengadakan pelatihan bagi siswa SMU non Pertanian dari beberapa Kabupaten yakni Malang, Blitar, Pasuruan, Jombang (SMAN Ploso dan SMAN Plandaan). Dan untuk belajar langsung kegiatan teknis di lapang maka P4S Plandaan Madani yang ada di Kabupaten Jombang dipilih sebagai sarana transfer dan mengkaji ilmu bagi siswa-siswi tersebut.

Pelatihan di P4S Plandaan Madani dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 6 s.d 8 Agustus 2012. Materi yang diberikan kepada siswa-siswi SMU tersebut antara lain tentang pertanian pada umumnya, konsep pertanian organic seperti padi organic, praktek pembuatan bokashi, mikro organisme lokal. kompos dan budidaya lele. Siswa-siswi peserta pelatihan antusias dalam mengikuti materi dan terlihat sangat bersemangat. Menurut Fahmi salah satu peserta pelatihan dari Malang, apa yang telah diajarkan di P4S ini merupakan hal baru yang menarik dan selama ini belum pernah dia tahu.

Harapan besar dari pemilik P4S Madani plandaan, agar generasi muda mau, mampu dan ahli dalam bidang pertanian, karena notabene negara Indonesia adalah negara agraris sehingga mutlak perlu generasi yang peduli terhadap keberlangsungan pangan di negara ini.           

(Chusatul Maisah - Unit TI Kec. Plandaan)

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh