ANDA BERADA DI: Depan Berita Lembaga Binaan Dinas

Binaan Dinas

Kampung Bibit Horti Wedani

Kampung bibit Wedani merupakan suatu kawasan yang terletak di dusun wedani desa Badang Kecamatan Ngoro, dimana lebih dari separuh warganya memiliki usaha penyediaan jasa pembuatan persemaian beberapa jenis tanaman hortikultura di sekitar rumahnya untuk dijadikan yang siap pindah tanam ke lahan. Usaha ini sudah berjalan sekitar 20 tahun, tepatnya mulai dirintis di tahun 1997.

 

Menu Menarik Olahan Labu Kuning

Labu Kuning (Cucurbita moschata Durch) atau yang sering kita sebut dengan waluh kolok banyak kita jumpai di setiap Pelosok Pedesaan.  Waluh adalah buah dari tanaman yang tumbuhnya merambat, dan bisa berbuah kapan saja tak mengenal musim sehingga tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan Waluh untuk dijadikan kolak di acara selamatan 7 bulanan, dijadikan sayur, dan beberapa jajanan tradisional lain yang masih sangat sederhana. Harga Waluh yang sangat murah ini tidak sebanding dengan kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya.

   

BUDIDAYA BUAH POME DALAM POT

Buah Pome atau yang biasa kita kenal dengan buah Delima, akhir-akhir ini mulai banyak dicari orang.  Dilain pihak, keberadaan buah ini mulai langka ditemui di pekarangan kita.  Mengingat begitu banyak khasiat yang dimilikinya, menjadikan buah ini mulai dilirik oleh kalangan pengusaha.  Produk minuman pun mulai mudah ditemui dipasaran untuk mendapatkan khasiat buah ini.  Bagi umat muslim, dalam Al Quran surat Al Rahman ayat 68, Buah Delima disebutkan dengan mana “rumman” dan sebagai buah lain, selain kurma yang tumbuh di surga.

   

MELIHAT DARI BELAKANG KEDUNGDENDENG PLANDAAN

Dukuh Kedungdendeng dan dukuh Rapah Ombo. Dalam sebuah dokumen bertulis tangan, dinyatakan bahwa tanah pedukuhan yang berada ditengah kawasan hutan plandaan tersebut adalah tanah “hadiah” atas jasa warga Kedungdendeng dan warga Rapah ombo ikut mempertahankan kemerdekaan dari Belanda pada tahun 1949. Karena Dharma Bakti tersebut, pada tahun 1959  Letkol Kretarto yang saat itu menjabat sebagai Komandan Militer Daerah Surabaya yang bermarkas di Kelurahan  Jipurapah memberikan ijin untuk menggunakan tanah di Dukuh Rapahombo dan Dukuh Kedungdendeng kepada nama-nama yang tercantum di dokumen tersebut. Yang kemudian berkembang sampai sekarang.

   

P4S PLANDAAN MADANI DIDIK SISWA SMA NON PERTANIAN SE-JAWA TIMUR

Selama ini bidang pertanian merupakan bidang yang kurang familier bagi siswa SMA sederajat non jurusan pertanian. Hal ini disebabkan karena memang daya tarik siswa-siswi kita masih sangat kurang untuk mempelajari bidang pertanian. Yang ada dalam pikiran mereka pertanian adalah hal yang menjijikkan karena berbaur dengan lumpur yang kotor.