ANDA BERADA DI: Depan Berita Info Kecamatan Uang Dari “PACAR” KU

Uang Dari “PACAR” KU

E-mail Cetak PDF

Bulan ramadhan memang terbukti membawa berkah bagi semua, tak terkecuali bagi petani.  Komoditas unik yang seakan sepele ternyata mampu mendatangkan penghasilan yang lumayan pada saat yang tepat.   Kepekaan jiwa wirausaha petani dalam menangkap peluang datangnya bulan ramadhan bisa berbuah manis dengan menanam komoditas yang sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Seperti yang dilakukan oleh Pak Kasan, dari kelompoktani dukuh di Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang yang membudidayakan bunga pacar air musim ini.  Pendapatan yang tinggi dari budidaya tanaman pacar air menarik para petani sekitar untuk mengembangkannya.

 

Bunga pacar banyu (Impatiens balsamina L.) diperkirakan berasal dari asia selatan dan asia tenggara termasuk indonesia, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di pulau jawa karena iklim dan cuaca yang mendukung.  Klasifikasi tanaman Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh), Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji), Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga), Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil), Sub Kelas: Rosidae, Ordo: Geraniales, Famili: Balsaminaceae, Genus : ImpatiensTanaman pacar banyu ini berbatang basah, lunak dan tegak dengan tinggi 30-80 cm dan bercabang. Daunnya tunggal, bertangkai pendek. Helai daunnya berbentuk lanset memanjang, dengan ujung dan pangkal runcing, tepi daunya  bergerigi, pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau muda. Bunganya  keluar dari ketiak daun, tanaman pacar banyu ini warnanya bermacam-macam, seperti merah, oranye, ungu dan putih. Bunganya ada yang satu lapis dan ada yang berlapis-lapis. Buahnya buah kendaga, jika masak akan membuka dengan sendirinya menjadi lima bagian yang terpilin.

Banyak bahan kimia bermanfaat ynag berdapat pada tanaman ini, pada biji pacar banyu mengandung saponin dan fixel oil yaitu terdiri dari spinasterol, ergosterol, balsaninasterol,parinaricacid, minyak menguap, quercetin, derifat kaempterol dan naphthaquinon, sedangkan pada bunganya mengandung anthocyanin, cyanidin,dephinidin, pelargonidin, valmidin, kaempherol,dan quercetun. Selain bunga dan bijinya ada bahan kimia lain yang terkandung di dalam akar tnaman pacar banyu yaitu cyanidin monoglicoside. Yang terakir adalah bahan kimia yang

terdaapat pada daunnya antar lain kumarin, flavonoid kuinon, saporin dan steroid. Karena banyaknya bahan kimia diatas maka banya orang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat herbal.Dalam pengobatan cina, bunga tanaman pacar banyu dipercaya sebagai anti alergi sehingga mampu menghambat perkembangbiakan bakteri, di negara Philipina bunganya dipakai sebagia obat luka bakar sedangkan daunnya digunakan sebagai obat penyakit kulit dan gigitan ular. Akar dari tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati reumaatik. Untuk biji tanamna ppacar banyu  biasanya dipaki sebagi obat anti bakteri, antiferlitas dan anti alergi.  Biji pacar banyu juga bisa digunakan sebagai teh, dengan cara bijinya dikeringkan terlebih dahulu.

Selain manfaat-manfaat di atas tanaman pacar banyu dapat digunakan sebagai obat herbal, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman refugia, karena tanamn ini berbunga mencolok dan apat berbunga secara terus menerus smpai tanaman ini mati. Penanaman pada pematang sawah sangat dianjurkan pada proses budidaya tanaman , karena dengan adanya tanaman ini mampu menarik para musuh alami untuk hinggap ke tanaman dan menjadikan habitatnya. Dengan adanya musuh alami yang dinggal pada tanaman bunga pacr banyu maka organisme pengganggu tanaman bisa lebih terkendali. Kegunaan lain tanaman bunga pacar banyu adalah sebagai tanaman hias dan bunga tabur. Bunga dari tanaman ini  adalah bunga penting dalam  bunga tabur pada proses pemakaman atau ketika ziarah kubur. Setiap hari ada permintaan akan bunga ini, terutama pada hari-hari musim ziarah, semisal menjelang ramadan atau menjelang hari raya.  Tanaman ini sangat banyak ragammya mulai dari bentuk bunganya, warnanya dan juga kegunaannya.
Harga bunga tanaman pacar banyu cukup menjanjikan karena permintaan yang selalu ada dan terus menerus. Pada hari-hari  biasa bunga ini harganya hanya 15 ribu untuk satu kilonya,dan dapat menghasilkan 5kg setiap minggunnya. Untuk pemaang sawah seluas 10 meter persegi. Harga bunga tanaman ini meningkat dua kali lipat pada hari kamis, dan pada musim menjelang ramadhan dan lebaran harga bunga tamana ini dapat meroket hinggan 250 ribu  per lima kilonya.

Prospek usahatani ini cukup menjanjikan karena selalu adanya permintan yang cukup besar, sehingga perluasan areal tanam sangat diperlukan untuk mengatur ketersediaan barangyang kontinyu. Dan dibagai diversifikasi tanaman dipematang sawah.  Pak Kasan menyampaikan bahwa permintaan akan bunga tanaman ini sangat besar, namun produksi di sawah belaui tidak mencukupi sehingga beliau selalu menampung hasil panen bunga pacar banyu dari petani di Kelompoktani Dukuh dan kelompoktani sekitarnya.

 

Add comment

Security code
Refresh