ANDA BERADA DI: Depan Berita Info Kecamatan Poktan Carangwulung Giat Manfaatkan Agensia Hayati

Poktan Carangwulung Giat Manfaatkan Agensia Hayati

E-mail Cetak PDF

Poktan Carangwulung, yang berlokasi di Dusun Carangwuluung Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam merupakan salah satu poktan yang intens dalam pemanfaatan bahan ramah lingkungan dalam menjalankan usahataninya baik tanaman pangan maupun hortikultura. Salah satu bahan ramah lingkungan yang dimanfaatkan adalah Agensia hayati Jamur Trichoderma sp. Jamur ini dapat mengendalikan penyakit layu atau bercak daun yang biasa menyerang tanaman pangan dan hortikultura. Trichoderma sp bersifat antagonis terhadap beberapa patogen tular tanah seperti Fusarium moniliforme dan Sclerotium rolfsii. Trichoderma sp juga mempunyai kemampuan sebagai dekomposer dalam pembuatan pupuk organik/ kompos.

Kelompoktani ini mampu membuat Agensia hayati Jamur Trichoderma sp dengan alat, bahan dan cara sebagai berikut :
Alat : jerigen kapasitas 50 liter, slang plastik kecil 1,5 meter, botol plastik bekas, tabung plastik dan tutup, kapas atau silikon bantal serta pompa udara (aerator)  aquarium. Rangkai alat seperti diatas. Alur adaranya : udara dari aerator masuk botol plastik berisi larutan air dan PK (udara disterilkan) slang tercelup air, udara steril di saring lewat tabung berisi kapas baru dimasukkan jerigen (slang tercelup dalam larutan air), udara lebih dibuang melalui slang pembuangan yang dimasukkan botol berisi air (slang tercelup air).
Bahan : air bersih (kalau bisa air mineral isi ulang), isolat Trichoderma sp, bubuk PK (beli di apotek), kentang 5 kg, gula 5 kg,  alkohol 70%
Cara pembuatan :
Rebus kentang sampai matang, ambil airnya dan campur dengan dengan gula, biarkan dingin. Campur air rebusan kentang dan gula dalam jerigen kemudian masukkan isolat Trichoderma sp. Nyalakan pompa aquarium. Biarkan selama seminggu. Dosis anjuran 250 ml per 10 liter air.

Dengan upaya pemanfaatan bahan ramah lingkungan, diharapkan setiap hasil budidaya yang dilakukan petani menghasilkan produk yang ramah untuk tubuh dan aman bagi kesehatan. (GAGUK / TI- WONOSALAM)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh