ANDA BERADA DI: Depan Berita Info Kecamatan HALAL BI HALAL GAPOKTAN SE KECAMATAN BARENG

HALAL BI HALAL GAPOKTAN SE KECAMATAN BARENG

E-mail Cetak PDF

Pada hari Selasa, 27 agustus 2013 Gabungan kelompoktani (Gapoktan) se Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan Halal Bi Halal keluarga besar pengurus Gapoktan se kecamatan Bareng. Kegiatan ini bersamaan dengan acara rutin pertemuan gapoktan yang dalam kesempatan  ini bertempat di gapoktan Ngampungan. Kegiatan ini dihadiri oleh ± 50 Orang yang terdiri dari pengurus Gapoktan se Kecamatan Bareng, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Jombang beserta Koordinator penyuluh pertanian kabupaten jombang, PPL Kecamatan Bareng, Koordinator PPL kec. Bareng, PMT PUAP kab. Jombang, . Dalam kesempatan ini, selain dilakukan arisan dan monitoring kegiatan PUAP, juga diisi dengan pemberian materi dari PPL dan PMT sekaligus acara mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Hj. Choiriyah.

Kegiatan pertemuan yang dilaksanakan 1 bulan sekali oleh Gapoktan Kecamatan Bareng pada bulan Agustus yang bertepatan dengan bulan Syawal oleh karena itu dilakukan Halal Bi Halal, hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar sesama pengurus gapoktan dan juga petugas pertanian. Dalam kesempatan ini Bapak Ir. Sutadji, MM selaku Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa pertemuan semacam ini harus dipertahankan dan dilestarikan.

Koordinator PPL Kecamatan Bareng, Bapak Yasin menyampaikan materi tentang pengendalian OPT Tikus dan Wereng yang pada bulan Juli lalu menyerang tanaman padi di Kecamatan Bareng. Menurut beliau mengamankan tanaman dari serangan OPT Tikus dan Wereng selain pengamanan fisik tanaman juga harus dibarengi dengan pengamanan secara rohani yaitu dengan memperbanyak sodakoh dan zakat serta melakukan kegiatan usaha tani dengan niat ibadah. Setelah berusaha (ikhtiyar), kemudian berdo’a dan tawakal.

Dengan adanya pertemuan rutin ini diharapkan terjalin silaturohmi antar sesama pengurus Gapoktan se Kecamatan Bareng dengan petugas pertanian serta dalam pengelolaan dana PUAP dapat berjalan dengan lancar, dan apabila ada suatu masalah dalam pengelolaannya diselesaikan secara cepat dan tepat. Harapan kedepan dengan adanya pertemuan rutin ini juga diperoleh informasi pasar produk pertanian maupun membuka peluang kerjasama/ kemitraan dengan pihak lain.(Lilis - Unit TI Bareng)
(Lilik Sugiarti - Unit TI Kec. Bareng)

 

 

 

 

 

Add comment

Security code
Refresh