ANDA BERADA DI: Depan Berita Info Kecamatan

Info Kecamatan

“KELOR” ANDALAN PKK MOJOKAMBANG DALAM KEAMANAN PANGAN

Dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang keamanan pangan, Kelompok Kerja (Pokja) III PKK Desa Mojokambang mengadakan pelatihan dan praktik keamanan pangan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 September 2016 bertempat di Balai Desa Mojokambang Kecamatan Bandarkedungmulyo.

 

PASCA PANEN SELAMATKAN UANG PETANI

Berdasarkan data penelitian Kementan tahun 2014, ternyata sebagian besar Petani (72 %) belum menerapkan cara penanganan pasca panen secara tepat. Hal ini ditemui beberapa alasan antara lain Tidak adanya modal dimana 57 % petani memperoleh modal secara swadaya yang sangat terbatas tentunya.

   

HALAL BI HALAL GAPOKTAN SE KECAMATAN BARENG

Pada hari Selasa, 27 agustus 2013 Gabungan kelompoktani (Gapoktan) se Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan Halal Bi Halal keluarga besar pengurus Gapoktan se kecamatan Bareng. Kegiatan ini bersamaan dengan acara rutin pertemuan gapoktan yang dalam kesempatan  ini bertempat di gapoktan Ngampungan. Kegiatan ini dihadiri oleh ± 50 Orang yang terdiri dari pengurus Gapoktan se Kecamatan Bareng, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Jombang beserta Koordinator penyuluh pertanian kabupaten jombang, PPL Kecamatan Bareng, Koordinator PPL kec. Bareng, PMT PUAP kab. Jombang, . Dalam kesempatan ini, selain dilakukan arisan dan monitoring kegiatan PUAP, juga diisi dengan pemberian materi dari PPL dan PMT sekaligus acara mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Hj. Choiriyah.

   

PETERONGAN TURUNKAN AMBANG BATAS POPULASI NILAPARVATA

Nilaparvata lugens Stal atau biasa kita sebut dengan Wereng Batang Coklat (WBC) ternyata masih merupakan hama penting di Jombang.  Dari data serangan musim ini saja, sektar 30 Ha luas areal padi teserang yang tersebar di seluruh Kabupaten.  Tentu saja hal ini masih menjadi pekerjaan penting yang harus terus diupayakan penyelesaiannya oleh Dinas Pertanian.  Hama ini masih selalu ditemui pada tiap tahunnya meskipun dengan intensitas beragam.  Petanipun serasa masih dihantui oleh hama yang satu ini.

   

KEGIATAN TANAM PROGRAM SLPHT JAGUNG POKTAN PENGKOL SISTEM JAJAR LEGOWO

Kegiatan sekolah lapang sebagai ajang pelatihan bagi petani seringkali diadakan di wilayah kecamatan Diwek. Giliran pada hari ini Rabu, 03 Juli 2013 dilaksanakan Sekolah Lapang Pengelolaan Hama Terpadu (SLPHT) komoditi Jagung di kelompoktani Pengkol, dusun Pengkol, desa  Ceweng, yang dihadiri oleh Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), koordinator penyuluh pertanian dan penyuluh wilayah binaan. Wachid Rahmawan, SP selaku koordinator penyuluh kecamatan Diwek menginformasikan bahwa tanam jagung yang diterapkan kali ini menggunakan sistem tanam Jajar legowo dengan jarak tanam 80 X 40 X 20 cm sehingga dipastikan bahwa populasi tanaman pada pola tanam jajar legowo ini menjadi lebih banyak jika dibanding sistem pola tanam biasa. Untuk memberikan pengawalan dalam sistem tanam jagung jajar legowo ini dipandu langsung oleh penyuluh wilayah binaan, M. Harir Kholid, SP, dengan maksud petani tahu pasti bagaimana menerapkan sistem tanam ini.