ANDA BERADA DI: Depan Berita Kelompok Budaya Kerja 2012 TAHUN KUNCI UNTUK SUKSES HULU-HILIR

2012 TAHUN KUNCI UNTUK SUKSES HULU-HILIR

E-mail Cetak PDF

Tahun 2011 telah berlalu, berbagai program dan kegiatan telah dilalui. Beberapa  prestasi juga telah dicapai.

Meski gagal, ikut mengantarkan untuk meraih JPIP award, penghargaan yang sangat diharapkan. Dinas pertanian Jombang sukses menggondol berbagai prestasi baik ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional. Website terbaik nasional di lingkup kementerian pertanian, juara pertama tingkat Jatim lomba produk olahan, nominasi nasional lomba pelayanan publik dan terakhir, peningkatan produksi padi di atas 5%.

Selain itu, ditahun 2011 dinas juga telah melakukan beberapa langkah penting. Terutama terkait dengan membangun sinergi antar dinas. Pertama, tetap melanjutkan sinergi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar untuk menyelenggarakan kegiatan fasilitasi pasar produk pertanian. Sebagaimana diketahui, pasar masih menjadi isu strategis yang masih menjadi hambatan besar untuk mewujudkan kesejahteraan petani. Umumnya petani masih mengandalkan pemasaran secara tradisional melalui para tengkulak dengan system tebasan. Hargapun masih ditentukan oleh pihak pedagang besar. “Karena itu, kita berharap kegiatan fasilitasi pemasaran dan pasar lelang bisa menjadi alternative mengatasi persoalan pasar. Selain itu, tunda jual di tingkat kelompok juga kita usahakan berjalan lebih baik.”terang Kepala Dinas Pertanian.

Selain sector pemasaran, ditahun 2012 Kepala Dinas Pertanian berharap mulai berkonsentrasi untuk mengisi program agropolitan yang telah digulirkan oleh Bappeda. Bagaimanapun visi pembangunan Kabupaten Jombang adalah melalui pembangunan agrobisnis. “Karena itu, suksesnya pembangunan kawasan agropolitan adalah pintu besar untuk membangun pertumbuhan ekonomi,” lanjut Suhardi.

Pekerjaan besar selanjutnya di tahun 2012 adalah mempersiapkan kawasan-kawasan yang akan menjadi tempat beajar peserta Penas KTNA tahun 2013. Penas di Jatim yang lebih banyak diwarnai kegiatan belajar di lapangan tentu menuntut persiapan yang lebih matang. Para peserta dari penjuru tanah air akan tinggal dan belajar secara langsung bersama para petani di Jombang. “Oleh karena itu, pembangunan berbasis kawasan, pembenahan aspek hulu dan hilir mutlak harus kita perbaiki,” ujar Suhardi yang juga salah satu anggota dewan pertimbangan organisasi KTNA Jawa Timur.

Dan, yang terakhir adalah pembenahan kelembagaan penyuluhan. Sebagai komitmen untuk memantapkan system penyuluhan pertanian Dinas telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk membentuk kelembagaan UPTD Pertanian Terpadu. Melalui kelembagaan inilah kegiatan penyuluhan akan disatukan di tingkat BPP Koordinasi. Selanjutnya, tahun 2012, akan menjadi tahun kunci untuk suksesnya pembanguan pertanian hulu dan hilir. 

Tentu, 2012 diharapkan masih akan diraih prestasi-prestasi berikutnya. Namun, yang lebih menarik tentu prestasi sebagaimana harapan Bupati Jombang, Drs. H Suyanto, MSi yakni Penghargaan langsung dari masyarakat. Kemudahan sarana, peningkatan pelayanan, perbaikan produksi, pasar yang mudah, harga yang lebih stabil. Tentunya nilai tukar dan kesejahteraan  Petani yang meningkat. Semoga….
(AJM)

Sumber : Humus Edisi 21 Tahun 2012 Bisa Didownload Disini

 

 

Add comment

Security code
Refresh