ANDA BERADA DI: Depan Berita Infrastruktur KOPERASI DISPERTA KAB. JOMBANG

KOPERASI DISPERTA KAB. JOMBANG

E-mail Cetak PDF

Bisa dibayangkan seandainya tidak ada Koperasi di Kantor Dinas Pertanian. Mau Fotokopi, beli rokok, sekedar beli minum untuk suguh tamu, dan lain-lain kebutuhan harus repot dulu mencari toko keluar kantor. Keberadaan Koperasi benar-benar telah memberikan kemudahan bagi siapa saja baik untuk keperluan dinas ataupun keperluan perorangan. Tentunya, kalau pas tidak ada uang kantong, bisa ngebon... Untuk yang satu ini pasti banyak yang setuju.

Semangat dari dibangunnya Koperasi memang untuk kemudahan dan pelayanan kepada anggota. Ketua Koperasi Diperta, Ir. Saufi Afnan mengatakan, tujuan kita memang memberikan layanan sebaik-baiknya pada anggota. ” Saat ini modal Koperasi Diperta terus bertambah, terutama dari kegiatan simpan pinjam. Kita berharap dengan kegiatan ini bisa membantu kebutuhan anggota terutama untuk keperluan biaya pendidikan aanak-anak termasuk membantu perbaikan rumah anggota.” ujar ketua Koperasi yang menjabat mulai tahun 2009.
Wiwik Retnoningtyas, salah seorang karyawan mengatakan, “Motto kita adalah memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan.“ Kaget dengan jawabannya Humus berusaha mengejar. Dapat dari mana motto itu, kok hebat. Dengan nada serius Wiwik menjawab, “ Lho..kita kan sudah sering dilatih tentang Perkoperasian, gimana sih mas...?”ujar karyawan yang sudah 10 tahun mengabdi di Koperasi Diperta.
Memang apabila diperhatikan, hampir tidak pernah kita lihat waktu santai-santai bagi karyawan Koperasi. Dari setelah apel sampai buyar kantor, selalu sibuk. Foto kopi, melayani pembelian, merekap penjualan, kulakan bahkan suguh ketika ada rapat atau tamu di dinas. Ketiganya Wiwik Retnoningtiyas, Purnami dan Uswatun khasanah seperti tiga serangkai yang selalu kompak bekerja.
Keberadaan Koperasi Dinas Pertanian semakin komplit setelah dibukanya Kantin Organik atau Warung Organik atau Warung Pojok Pertanian, karena tempatnya memang pas ada di pojok. Warung organik telah membangun warna tersendiri dalam suasana sosial di lingkungan dinas pertanian. Kalau sebelumnya waktu makan siang para karyawan harus keluar kantor saat ini cukup datang ke warung yang dikelola oleh Pak Ma’in salah satu petugas jaga di Dinas Pertanian.
Para rekanan dan konsultan yang perlu tempat sekedar ngopi dan santai juga punya “jujugan” yang pasti. “....Tak tunggu di warung pertanian,” seringkali terdengar dari percakapan mereka sewaktu janjian dengan rekan-rekannya. Saat ini Bu Main punya usaha yang lebih maton. “Kalau sebelumnya bertahun-tahun Cuma ikut orang, Alhamdulilah sekarang bisa usaha sendiri.” Katanya sambil nggoreng godoh gedang salah satu menu favorit warung organik.
Dengan lokasi yang pas dan potensi yang dimiliki, tidak mustahil Koperasi Diperta dan warung organik akan menjadi kegiatan bisnis yang menjanjikan. Tentunya, tidak sekedar memenuhi kebutuhan Kantor Diperta melainkan lebih luas lagi. Tetangga dekat Dinas Peternakan pastinya setiap bulan mengadakan pertemuan yang membutuhkan snack dan konsumsi. Peluang yang tidak boleh disia-siakan. Inilah makna sebenarnya dari, multiplier effect kemanfaatan yang dirasakan oleh banyak orang dan mampu memberikan warna positif pada sebuah lingkungan sosial. (AJM).

Sekilas Koperasi Diperta :
Berdiri : 16 Desember 1967
Jumlah anggota : 124
Jumlah modal : Rp 1.040.191.501
Pengurus :
Ketua 1 : Ir. H. Ach. Saufi Afnan
Ketua 2 : Ir. Supraptono
Sekretaris : H. Widiono, SP
Bendahara 1 : Drs. Ec. H Miskan
Bendahara 2 : Juwadi
Pengawas :
Salam, SP
Ir. Edy Siswanto
Subadiyo, SP

Koperasi Diperta melayani : konsumsi rapat (kue/ snack, nasi kotak), nasi tumpeng
Kontak Person : Wiwik 085235252828

 

 

Comments  

 
#1 pulsa online 2012-09-29 00:35
terimakasih info bermanfaatnya, apa masih berjalan koperasinya?
 
 
#2 DispertaJombang 2012-10-01 09:37
Terima kasih atas kunjungannya ke website kami, sampai saat ini Koperasi Disperta Jombang masih tetap ada dan tetap eksis,
 

Add comment

Security code
Refresh