ANDA BERADA DI: Depan Berita Infrastruktur

Infrastruktur

POS AGROKLIMAT TEMBELANG DUKUNG PETANI BERADAPTASI

Dunia pertanian tidak akan lepas dari faktor iklim.  Bahkan dari beberapa kajian menunjukkan faktor ini memiliki pengaruh paling besar dibanding faktor produksi lain seperti factor tanah, sarana produksi pertanian sampai perlakukan budidaya.  Meskipun SDM Petani kita handal dalam melaksanakan usaha tani, hal itu belum tentu bisa menjawab permasalahan usaha tani.  Bisa dikatakan dalam Budidaya pertanian, Petani masih tergantung pada iklim sebagai penentu keberhasilan kegiatan budidayanya.

 

KOPERASI DISPERTA KAB. JOMBANG

Bisa dibayangkan seandainya tidak ada Koperasi di Kantor Dinas Pertanian. Mau Fotokopi, beli rokok, sekedar beli minum untuk suguh tamu, dan lain-lain kebutuhan harus repot dulu mencari toko keluar kantor. Keberadaan Koperasi benar-benar telah memberikan kemudahan bagi siapa saja baik untuk keperluan dinas ataupun keperluan perorangan. Tentunya, kalau pas tidak ada uang kantong, bisa ngebon... Untuk yang satu ini pasti banyak yang setuju.

   
laborat

LABORATORIUM TERPADU DINAS PERTANIAN

Sebagai salah satu pengawal menuju visi budaya organik 2013, lab terpadu dinas pertanian terus meningkatkan kapasitasnya. Sampai saat ini lab telah menyelesaikan analisa 600 lebih sampel tanah di seluruh Poktan Kab. Jombang. Dari analisa yang dilakukan tersebut diketahui ternyata kandungan Bahan Organik (BO) di Jombang tergolong sangat rendah – rendah. Sementara itu, kandungan P dan K di Kabupaten Jombang masih cukup tinggi, akan tetapi karena kandungan BO tanah rendah menyebabkan unsur P dan K tidak bisa diserap oleh tanaman.