ANDA BERADA DI: Depan Berita Dunia Usaha

Dunia Usaha

Jagung Mojoagung 2018

Komoditi tanaman pangan, termasuk jagung mempunyai peranan penting sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan, menjadikan komoditas ini menjadi strategis dalam sisi Ketahanan Pangan Nasional. Jika

 

Kedelai Jombang untuk Tahu Pong Khas Jombang

Kedelai, merupakan salah satu komoditas strategis di Indonesia.  Bagaimana tidak, berbagai olahan dari kedelai telah ada sejak dahulu kala.  Mulai dari tahu, tempe, keripik, hingga tepung dan minuman telah akrap dilingkungan kita.  Bahkan tahu dan tempe telah menjadi menu pokok bangi masyarakat yang murah, sehat dan bergizi tinggi.  Beberapa ahli menyamakan kandungan protein daging dengan tempe.  Selian harganya yang relatif murah, hal tersebut juga menjadikan olahan tempe semakin digemari masyarakat hingga ke luar negeri. Tidak kalah dengan daerah  lain, Jombang juga memiliki olahan kedalai yang menjadi khas jajanan dan oleh-oleh.Sebut saja “Tahu Pong” yang memiliki citarasa unik dan menarik. Tekstur bagian dalamnya yang lembut berwarna putih menyerupai susu, membawa sebutan yang melekat pada produk ini dengan sebutan tahu susu.  Produsen tahu pong mulai bnyak di Kabupaten Jombang.  Berbagai merk telah bermunculan dan mulai merambah pemasaran didaerah lain.

   

Ekselsa Kopi Khas Jombang Siap Manjakan Lidah Penikmatnya

Saat ini mulai marak kita jumpai berbagai fasilitas “Ngopi” disekitar lingkungan kita.  Budaya ngopi mulai menjamur seiring perkembangan penggunaan internet di masyarakat.   Duduk dan ngobrol bareng teman ataupun rekan kerja difasilitasi sarana online ternyata memiliki korelasi positif dengan peningkatan penjualan produk olahan kopi.  Tidak kalah dengan daerah lain, Jombangpun demikian.  Berbagai tempat “nongkrong” terpampang berbagai produk kopi berbagai merk.  Mulai kopi hitam, kopi susu,kopi rempah hingga kopi cream banyak dijumpai dipasaran. Begitu banyak diversifikasi olahan kopi yang ada saat ini, hingga menggelitik para wirausahawan baru untuk mengambil peluang usaha ini. 

   

Meraup Untung Melalui Kelompok Usaha Bersama

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya Pertanian adalah suatu kegiatan terpadu dan melibatkan semua aspek antara aspek hulu yang meliputi penyediaan saprodi, kegiatan pengkajian, pengelolaan informasi, upaya budidaya, kegiatan pasca panen dan kegiatan hilir berbentuk pemasaran.  Seluruh rangkaian tersebut berada proses sosial yang telah melembaga di masyarakat maupun menjadi sebuah kegiatan organisasi dalam kelembagaan kelompok tani.  Untuk mengembangkan program pertanian yang tangguh dan berkelanjutan dibutuhkan kelembagaan yang kuat, dalam hal ini adalah kelembagaan poktan sebagai wadah pelaksanaan pembangunan pertanian. Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Kalipang Duren, melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagai unit usaha pada Poktan, ketiga aspek mulai dari teknis, sosial, ekonomi bisa difasilitasi sehingga keberadaan poktan sebagai suatu lembaga keberadaannya dirasakan penting.

   

Flora Kaki Gunung Anjasmoro

Pegunungan Anjasmoro terletak di wilayah provinsi Jawa Timur yang secara administratif, kawasan ini terbagi ke dalam tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, dan Kota Administratif Batu. Di dalam jajaran pegunungan terdapat berbagai sumber  plasma nutfah  yang  perlu dilindungi dan dilestarikan keberadaannya diantaranya adalah anggrek spesies pegunungan anjasmoro.