ANDA BERADA DI: Depan Berita Asosiasi Petani JELANG BULAN HAJI, GAPOKTAN PLANDAAN DATANGKAN MORINO AUSTRALIA

JELANG BULAN HAJI, GAPOKTAN PLANDAAN DATANGKAN MORINO AUSTRALIA

E-mail Cetak PDF

Gapoktan Plandaan. Nama Gapoktan yang telah menjelma menjadi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) ini, tak asing ditelinga para pelaku agribisnis di wilayah Kab. Jombang. Bagaimana tidak, berbagai terobosan selalu diupayakan, baik melalui pembinaan instansi terkait sampai kerjasama dengan pihak swasta. Semua dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup anggota dan masyarakat sekitarnya.

Setelah diresmikan sebagai Gapoktan Plandaan dalam SK Bupati, dengan berbagai inovasinya banyak petani yang ingin bertukar pengalaman disana. Untuk itu, menjelmalah Gapoktan pimpinan pak Solekan ini menjadi P4S Plandaan Madani, yang resmi berdiri tahun 2009. Berada di Desa Plandaan, Kecamatan Plandaan 12 km arah utara dari kota Jombang.

Desa Plandaan merupakan wilayah bagian utara Brantas Kabupaten Jombang. dikenal sebagai daerah yang cukup kering dengan kondisi tanah tegalan. P4S Plandaan Mandani menunjukkan, ternyata lahan kering dan tegalan bisa sangat produktif asal dikelola dengan konsep yang benar diikuti kerja keras dan ketekunan.

Kegiatan yang dilakukan di P4S Plandaan Madani : Produksi pupuk organik padat dan cair, budidaya padi organik, hortikultura dan perkebunan, penggemukan domba, penggemukan sapi serta budidaya lele. Konsep yang diusung adalah integrated farming system. Karena tanpa terintegrasi, pertanian akan pincang, ungkap petani sekaligus peternak yang selalu tampil apa adanya itu.

Dengan ketekunan dan komitmenya untuk membina masyarakat, kegiatan yang terus berkembang menjadi salah satu P4S andalan di Kabupaten Jombang.tidak hanya masyarakat sekitar, P4S Plandaan Madani juga telah dipercaya untuk memberikan pelatihan dan magang bagi perguruan tinggi, lembaga Pelatihan pemerintah, Bank pemerintah maupun swasta, BUMN, dan lembaga swadaya masyarakat di Jawa timur.

Fasilitas yang dimiliki P4S Plandaan Madani antara lain Komplek Usaha Pertanian Terpadu seluas 1500 m2, Ruang pertemuan, Asrama dengan kapasitas 60 orang, Sarana belajar mengajar. Adapun Materi magang di P4S Plandaan Madani meliputi , konsep pertanian terpadu, Budidaya Padi organik, Pemilihan bibit ternak, Manajemen pakan, Penggemukan kambing dan Manajemen pembibitan,

Kali ini, bekerjasama dengan pengusaha swasta nasional, berencana mendatangkan sekitar 1.000 ekor domba Morino dari Australia. Rencananya, domba yang terkenal memiliki pertumbuhan sangat cepat ini akan di pelihara hingga menunggu musim haji oleh anggota Forum Komunikasi P4S dan beberapa peternak Jombang. Saat ini sudah 14 peternak yang berminat dan memasukkan proposal, tambahnya sambil bersandar di gazebo dekat tempat pakan.

Dalam 2 Bulan, Morino akan dipanen, jadi ketika barangnya datang setelah lebaran ini, akan tepat menyambut hari raya Idul Adha tahun ini. Kisaran penambahan bobotnya 18 kg. Jika kurang dari itu, akan tetap dibeli setara 18 Kg dan jika lebih otomatis dibeli sesuai bobotnya. Kita persilahkan bagi rekan-rekan yang ingin berinvestasi, selama kuotanya masih ada. Selain kita amanah dan menguntungkan serta adanya jaminan pasar, ada MoU tertulis dan pendampingan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Jombang. Ucapnya optimis.

Kita harapkan hal seperti ini bisa menetralisir harga daging yang masih relative tinggi di Indonesia. Tambah Pak Sujadi Wahyu Utomo, SP, MMA yang berkunjung bersama Tim Unit TI di sana.
(Nuning Istiyowati, SP - Unit TI Kab. Jombang)