ANDA BERADA DI: Depan Berita Asosiasi Petani TEMU KARYA DAN USAHA KLASTER ITIK DAN AYAM POTONG DI RPA PHALONGSARI UNGGUL JAYA

TEMU KARYA DAN USAHA KLASTER ITIK DAN AYAM POTONG DI RPA PHALONGSARI UNGGUL JAYA

E-mail Cetak PDF

Pada hari rabu, tanggal 23 April 2013 para peserta Pekan Daerah di Klaster itik dan Ayam Potong ada yang mengikuti temu pengusaha di hotel Yuzro sebanyak 10 orang, sedangkan bagi para PPL mengikuti acara Temu Profesi di Gedung Bung Tomo Pemda Jombang, sedangkan yang lain mengikuti acara Temu Karya dan Usaha  Perunggasan di RPA Phalongsari Unggul Jaya, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang milik Bapak H. Warsubi. Dalam Temu Karya dan Usaha di hadiri oleh Muspika kecamatan Tembelang dan juga Tim dari Universitas Airlangga, Surabaya dan undangan yang lain.



Sambutan pertama, oleh Bapak H. Warsubi selaku Kepala Desa dan Pemilik RPA Phalongsari Unggul Jaya mengucapkan selamat datang bagi para peserta Pekan Daerah dan para undangan yang hadir. Rumah Potong Ayam (RPA) Phalongsari Unggul Jaya Telah berumur  5 tahun dan sekarang sudah melayani pasar seluruh Nusantara, berkat kerja keras dan dukungan, hubungan komunikasi dari Dinas terkait.  Potensi usaha perunggasan masih sangat besar dan menjanjikan, terutama untuk usaha bebek dan ayam.    Dalam temu Karya dan Usaha , juga menghadirkan bapak Prof. Dr Fedik Abdul fantan, drh koordinator tim dari Universitas  Airlangga, Surabaya . yang mempresentasikan Kejadian Penyakit Avian Influenza ( Flu Burung ). Dalam 1 gram kotoran ayam yang terserang penyakit flu burung, potensi penularan virus sebesar dan sebanyak 20.000 ayam.  Virus flu burung sangat mudah  bermutasi dan tindakan pencegahan adalah langkah yang sangat penting. Terutama untuk  1 (satu) kejadian virus maka dengan 1 km radius pencegahan. Setelah selesai mempresentasikan, para peseta di beri kesempatan untuk tanya-jawab kepada narasumber.

Ditengah-tengah acara Temu Karya dan Usaha, Bapak Bupati Jombang H. Suyanto selaku ketua KTNA Jawa Timur hadir dalam acara tersebut.  Bapak bupati Jombang , juga memberikan pengarahan kepada para peserta yang hadir. Dalam kesempatan yang baik ini  Pekan Daerah, akan memberikan kesempatan kepada para peserta yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur untuk saling tukar menukar informasi dan pengalaman. Ini akan menjadi Kesempatan yang baik untuk membuat jaringan pasar untuk para pelaku utama dan usaha, sehingga akan menjadi kekuatan yang luar biasa bagi kemajuan di bidang peternakan unggas.       
(Yuwono Mudjiarto - Unit TI Dinas Pertanian Kec. Tembelang)